Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 20:02 WIB

Jelang Lebaran 2018

Kamrussamad: Hati-hati dengan Harga Sembako

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 5 Juni 2018 | 03:19 WIB

Berita Terkait

Kamrussamad: Hati-hati dengan Harga Sembako
(Foto: inilahcom/ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Founder KAHMIPreneur, Kamrusammad mengingatkan pemeritah agar fokus menjaga harga bahan pokok menjelang Lebaran. Meski BPS merilis inflasi Mei 2018 masih rendah, hanya 0,21%.

Dia menyarankan pemerintah konsisten melakukan sidak ke pasar-pasar guna mencermati perkembangan harga bahan pokok yang biasanya naik mendekati Lebaran. "Harga yang mesti dipantau seperti beras, gula, daging, minyak goreng, pokoknya sembako-lah," katanya.

Kamrussamad melihat, harga kebutuhan pokok, saat ini, sudah mulai menanjak naik. Semisal, telur ayam, daging dan beras. Dia berharap, Perum Bulog bisa menekan harga dan menjaga ketersediaan sembako di pasaran.

"Kita maunya harga tetap stabil, jangan sampai menjelang hari raya malah memberatkan," tegasnya. " Untuk daging beku aman dan masyarakat minta buka di tempat, Bulog datang untuk daging itu," katanya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim, harga sembilan bahan pokok (sembako) akan tetap stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kemendag telah melakukan sejumlah langkah untuk mengatasi lonjakan harga.

Menurut Enggar, kemendag mewajibkan pedagang beras di pasar tardisional, menjual beras kualitas medium mulai pertengahan bulan ini. Jika di suatu daerah tidak memiliki stok beras medium, maka pemerintah akan menggerojoknya lewat Perum Bulog. tentu saja, harganya dibawah HET (Harga Eceran Tertinggi). [ipe]

Komentar

x