Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 17:52 WIB

Arus Mudik dan Balik 2018

DPR Khawatirkan Tabrakan Beruntun di Jalan Tol

Selasa, 5 Juni 2018 | 07:09 WIB

Berita Terkait

DPR Khawatirkan Tabrakan Beruntun di Jalan Tol
Anggota Komisi V DPR, Muhidin M Said - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Terkait persiapan arus mudik dan balik 2018, Anggota Komisi V DPR, Muhidin M Said mengingatkan perlunya kontrol terhadap laju kendaraan saat melintas di jalan tol.

"Secara garis besar, persiapan saat ini sudah oke. Belajar dari tahun lalu yang cukup positif. Namun jangan lengah terhadap laju kendaraan di jalan tol. Karena jalannya mulus, kecepatan kendaraan tetap terkontrol. Kalau tidak bisa terjadi kecelakaan yang bikin heboh lagi," papar Muhidin di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Untuk itu, politisi senior Partai Golkar ini, meminta agar Korlantas, Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kemenhub serta aparat Kepolisian bisa bersinergi. "Kita tak ingin mendengar adanya kecelakaan beruntun di jalan tol ketika arus mudik ataupun balik," tegasnya.

Terkait moda transportasi kereta api, menurutnya, tidak ada masalah. Sejauh ini, persiapan yang dilakukan Ditjen Perkeretaapian, sudah cukup sempurna.
"Apalagi masa libur lebaran yang panjang, bisa menghindari antrian panjang di stasiun. Sehingga, penumpang kereta api bisa menikmati libur pulang kampung dengan lebih aman dan nyaman. demikian pula ketika kembali ke rumahnya," kata Muhidin.

Muhidin bilang, sektor angkutan yang masih memerlukan perhatian adalah udara. Saat ini, bandara di luar Jakarta, banyak yang overload. Contohnya, Bandara Internasional Hasanuddin, Makassar berkapasitas 7juta penumpang harus menampung penumpang sebanyak 14 juta.

"Kita usulkan, pesawat yang hanya transit 30 menit, penumpangnya diperbolehkan tidak turun. Namun perlu dikawal atau diawasi. Jangan sampai ada yang mengaktifkan handphone atau smartphone, apalagi merokok. berbahaya sekali ketika pesawat sedang isi bahan bakar avtur," terangnya.[tar]

Komentar

x