Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 21:18 WIB

Bank Dunia Sebut Ekonomi RI Melesat Ketimbang BPS

Rabu, 6 Juni 2018 | 13:15 WIB

Berita Terkait

Bank Dunia Sebut Ekonomi RI Melesat Ketimbang BPS
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Bank Dunia mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2018 sebesar 5,1%. Angka pertumbuhan ini lebih baik ketimbang catatan Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 5,06%.

Meski lebih baik dari BPS, angka pertumbuhan ini ternyata turun dibandingkan pertumbuhan kuartal IV-2017 sebesar 5,2%. Country Director of the World Bank Indonesia, Rodrigo A Chaves menilai harga komoditas global yang lebih tinggi sebenarnya telah memacu investasi. Terutama investasi permesinan, peralatan, dan kendaraan bermotor.

"Akibatnya, pembentukan modal tetap bruto bertumbuh sebesar 7,9%, yang tercepat dalam lebih dari lima tahun ini," kata Rodrigo di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Investasi permesinan yang lebih tinggi membuat impor juga ikut meningkat. Pertumbuhannya dua kali lebih besar dari pertumbuhan ekspor. Hal itu yang membuat Bank Dunia mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sedikit melambat. "Sementara itu, pertumbuhan konsumsi swasta tetap mendatar sebesar 5%. Meskipun ada tanda-tanda awal pemulihan penjualan ritel," tambahnya.

Sementara defisit neraca transaksi berjalan di kuartal I-2018 mencapai 2,1% dari PDB. Catatan itu turun dari catatan Bank Dunia tentang defisit neraca transaksi berjalan di kuartal IV-2017 2,3% dari PDB. [ipe]

Komentar

x