Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 17:54 WIB

Jonan Pastikan Dua Ribu SPBU Jamali Jual Premium

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 8 Juni 2018 | 01:29 WIB

Berita Terkait

Jonan Pastikan Dua Ribu SPBU Jamali Jual Premium
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignatius Jonan - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Setidaknya ada 2.090 SPBU di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) yang menyediakan BBM jenis premium. Hal ini sudah disanggupi PT Pertamina (Persero).

Demikian disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignatius Jonan, menindaklanjuti terbitnya Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang perubahan perpres Nomor 191 Tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian dan harga jual eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Penyaluran BBM premium di Jawa, Madura, Bali, jadi dengan adanya revisi aturan presiden itu Pertamina menyanggupi menambah 571 SPBU yang ada layanan jual premium di Jamali," kata Jonan saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Jonan merinci, sebanyak 2.090 SPBU terdiri dari 1.519 SPBU penyalur premium existing, ditambah 571 SPBU yang akan kembali menjual premium. Tapi dia tidak merinci pembagian jumlah SPBU di Jamali.

"Jadi begini, Sebelum revisi aturan itu ada 1.519 SPBU yang melayani penjualan premium di jamali. Dan adanya peraturan itu ditambah 571. Jadi lumayan nambah 1/3 dari jumlah SPBU," kata mantan menteri perhubungan ini.

Jonan mengungkapkan, untuk satu SPBU nantinya akan diberikan jatah menjual premium sebanuak 8.000 liter setiap hari. Dan ini juga sudah disanggupi Pertamina."Setiap spbu akan melayani setiap hari 8.000 liter," ujar Jonan yang sempat mangkir dari panggilan KPK terkait kasus suap Direktorat Jenderal Hubungan Laut (Dirjen Hubla), beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero), Gandhi Sriwidodo, mengatakan, Pertamina terus berupaya untuk menjalankan instruksi pemerintah.

Dia menjelaskan, tim di lapangan terus bergerak untuk mewujudkan target tersebut. "Itu di lapangan sejak akan diterapkan sudah bergerak persiapan pengalihan tangki dari Pertalite maupun Pertamax yang ada dobel dialihkan salah satunya," kata dia.

Gandhi berharap, penambahan 571 SPBU tersebut, bisa kelar hingga H-7 Lebaran. Pertamina akan berupaya agar semakin banyak SPBU milik perseroan yang menjual premium. "Insha Allah doakan ya. Tim di lapangan pastinya bekerja keras. Jadi Pertamina komit dengan yang diperintahkan," ujar Gandhi. [ipe]

Komentar

x