Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 19:38 WIB

Mudik Siang Hari Pakai Kapal Laut Dapat Diskon

Oleh : M Fadil Djailani | Sabtu, 9 Juni 2018 | 12:38 WIB
Mudik Siang Hari Pakai Kapal Laut Dapat Diskon
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Guna mengantisipasi kepadatan jumlah pemudik yang menyeberang pada malam hari, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono meminta agar operator kapal melakukan terobosan.

Salah satunya mengusulkan memberikan diskon kepada para pemudik yang menggunakan kapal laut yang berangkat pada siang hari. "Ada beberapa cara salah satunya untuk menarik yang (menyeberang) malam bisa ke siang mungkin siang tarifnya mendapat discount atau di siang ada doorprize atau apa yang memikat supaya orang akhirnya tertarik dan pendekatannya harus menarik, biar tanpa disuruh orang sudah pindah," jelas Djoko seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan, Sabtu (9/6/2018).

Pada kesempatan yang sama Djoko puji fasilitas pelabuhan yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

"Saya rasa PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sudah menerapkan SPM (standar pelayanan minimal) dan ini yang memiliki ketentuan perundangan karena ada standar pelayanan minimal yang harus terpenuhi dan saya melihat ini di atas dari pada SPM tadi," ucap Djoko.

Akan tetapi Djoko menilai masih ada beberapa fasilitas di pelabuhan yang harus ditingkatkan. Selain fasilitas Djoko meminta agar operator juga melakukan pendekatan psikologis ke penumpang agar fasilitas pelabuhan dapat digunakan secara maksimal.

Sehubungan dengan banyaknya masyarakat yang akan menyeberang pada malam hari, pihak General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Anton Murdianto mengatakan pihaknya telah menyiapkan bus untuk mengangkut penumpang yang tiba menuju Terminal Rajabasa.

"Kita sudah sediakan 110 bus nanti dari sini ke Terminal Rajabasa sudah ada, nanti dari Polres sudah menjamin keamanan," ungkap Anton.

Selain bus reguler, tambah Anton juga telah disediakan 8 bus yang telah dilengkapi dengan fasilitas untuk kaum difabel. Anton menjamin jumlah bus yang disediakan cukup untuk melayani penumpang selama angkutan Lebaran 2018.

Sama dengan kondisi di Pelabuhan Penyeberangan Merak, arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni pada H-7 Lebaran masih normal. Anton memprediksi peningkatan jumlah pemudik yang tiba di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni akan terjadi pada H-3 Lebaran. [ipe]

Komentar

x