Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 09:32 WIB
 

Ini Cara Kemendes Jadikan Pandeglang Sentra Jagung

Oleh : Indra Hendriana | Minggu, 10 Juni 2018 | 02:09 WIB
Ini Cara Kemendes Jadikan Pandeglang Sentra Jagung
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Perusahaan dibawah naugan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT), yakni PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) meneken MoU dengan PT Bangun Citranegeri Indonesia.

Adapun MoU itu berkaitan dengan membangun dan mengembangkan perekonomian desa. Diutamakan di desa tertinggal. Langkah ini sejalan dengan cita-cita pemerintah.

"Program pengembangan ekonomi desa ini sejalan dengan inisiatif dari bapak Menteri PDTT Eko Putro Sanjojo, sesuai dengan konsep nawacita presiden Joko Widodo," kata Komisaris PT MBN, Feby Dato Bangso di hotel Pullman, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Febi mengatakan, pembangunan desa yang akan dilakukan oleh PT BCI di desa-desa yang berada di Pandegelang, Banten. Perusahaan akan mengembangkan tanaman jagung.

"Pilot project akan dilaksanakan pada triwulan ketiga tahun 2018, di Kabupaten Pandeglang, Banten. Yaitu produksi Jagung yang merupakan komoditas utama kab. Pandeglang," kata dia.

Terlebih, kata Febi, di sana tersedia lahan seluas 51.446 hektar dan bisa ditanami jagung. Dengan begitu, dia komoditas jagung dapat membawa berkah dan tentunya meningkatkan ekonomi daerah itu.

Kemudian, mengembangkan produksi perikanan dengan target produksi 40 ton per bulan. Nilai investasi sebesar 480 miliar rupiah, atau setara US$36 juta, untuk pilot project di Pandeglang dan akan dilanjutkan untuk wilayah lain di Indonesia dengan nilai investasi sesuai dengan kebutuhan setiap wilayah.

"Ini diharapkan dapat meningkatkan kehidupan dan ekonomi desa, dengan meningkatkan produksi desa, khususnya desa desa tertinggal diwilayah Indonesia dengan menggunakan teknologi terbaru, konsep baru dalam melakukan proses produksi daerah serta meningkatkan infrastruktur desa," kata dia.

PT Mitra BUMDes Nusantara merupakan holding yang dibentuk Kemendes. Pengelolaan PT Mitra BUMDes bekerjasama dengan Bulog dan 4 bank BUMN yakni Mandiri, BTN, BRI dan BNI. [ipe]

Komentar

 
x