Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 14:57 WIB
 

Kemenhub Jamin Mudik 2018 Lebih Oke Ketimbang 2017

Oleh : M Fadil Djailani | Minggu, 10 Juni 2018 | 06:16 WIB
Kemenhub Jamin Mudik 2018 Lebih Oke Ketimbang 2017
Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Djoko Sasono - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Djoko Sasono melepas mudik gratis Kemenhub tahap pertama di Monas, Sabtu (9/6/2018).

Menurut Djoko, puncak arus mudik 2018 diperkirakan pada Sabtu malam (9/6/2018). "Tahun ini diprediksi akan ada beberapa puncak-puncak arus mudik. Hasil survey, hari ini salah satu puncak arus mudik dan juga nanti sekitar 2-3 hari sebelum hari raya juga akan terjadi lonjakan," ujar Djoko.

"Dengan adanya waktu libur yang cukup panjang, saya harap masyarakat dapat memilih waktu untuk mudik agar perjalanan nyaman," tambah Djoko.

Djoko mengatakan, Kemenhub telah melakukan antisipasi dengan melakukan berbagai peningkatan dan penambahan baik sarana maupun prasarana untuk menciptakan mudik yang selamat, aman dan nyaman. "Insha Allah, mudik tahun ini lebih baik dari 2017," kata Djoko.

Menurut Djoko, saat ini, masyarakat sudah bijak dengan memanfaatkan program pemerintah untuk mengurangi kemacetan pada arus mudik lebaran 2018.

"Hari ini secara total disampaikan ada peningkatan jumlah peserta mudik hampir 50% dari tahun 2017. Suatu angka yang luar biasa dan menurut saya para pemudik ini sudah bijak, tidak hanya memikirkan keselamatan dan keamanan tetapi juga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dari penggunaan kendaraan pribadi," terang Djoko.

Djoko menambahkan, program mudik gratis Kemenhub merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat pulang ke kampung halaman dengan selamat, aman dan nyaman.

"Melalui program ini diharapkan masyarakat tidak menggunakan sepeda motor lagi pada saat mudik karena motor sangat rentan terhadap aspek keselamatan terutama untuk perjalanan jauh," jelas Djoko.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi melaporkan jumlah peserta mudik yang berangkat pada tahap pertama sebanyak 5.985 penumpang.

"Pada hari ini peserta mudik gratis Kemenhub yang diberangkatkan dari Monas sebanyak 113 bus dengan total 5.985 penumpang. Ada 5 tahap pemberangkatan dari Monas mulai tanggal 9 sampai 13 Juni," ujar Budi.

Selain itu, titik lain keberangkatan peserta mudik gratis Kemenhub, ditetapkan di Kantor Pemkab Tangerang pada 10 Juni, Terminal Jatijajar Depok pada 11 Juni dan Kantor Pemkab Bekasi pada 12 Juni. [ipe]



Komentar

 
x