Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 02:09 WIB
Hightlight News

Pemudik Jalur Selatan, Cobalah Kuliner Kulonprogo

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 10 Juni 2018 | 13:01 WIB

Geblek

Tempe Besengek

Geblek

Geblek adalah penganan tradisional khas Kulon Progo yang terbuat dari tepung kanji, bawang putih dan garam. Rasanya gurih dan bertekstur kenyal. Bentuknya menyerupai angka 8. Anda bisa membeli geblek di toko oleh-oleh. Salah satunya di Geblek Boto, di Boto Wetan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo.

Harga Geblek per pak 5.000-10.000 rupiah sesuai dengan beratnya. Geblek biasa dijual berpasangan dengan Tempe Besengek. Cara menikmati geblek saat hangat dan ditemani secangkir teh hangat.

Tak sekedar kuliner khas, geblek juga menginspirasi pembatik. Pasalnya, bentuk geblek yang unik itu dibuat dalam pengembangan motif batik di Kulon Progo. Ide ini muncul dari Hasto Wardoyo selaku Bupati Kulon Progo yang mencanangkan program memakai batik lokal.

Upayanya ini untuk meningkatkan kesejahteraan para pembatik lokal yang berada di Kecamatan Lendah sekaligus sebagai sentra batik di Kulon Progo. Sejak pertengahan 2013, motif geblek renteng ini telah terdaftar HAKI-nya di Kementerian Hukum dan HAM RI.

 

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x