Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 05:39 WIB

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Impor Lebihi HET

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 12 Juni 2018 | 02:29 WIB
Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Impor Lebihi HET
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menjelang 3 hari lebaran, harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Di antaranya, harga daging sapi lokal yang sudah mencapai Rp130 ribu/kg.

Anehnya, harga daging sapi impor beku juga ikut-ikutan naik menjadi Rp95-100 ribu/kg, padahal harga eceran tertinggi (HET) komoditas ini Rp80 ribu/kg.

Di Pasar Mampang, Jakarta Selatan misalnya harga daging sapi impor beku dibanderol sebesar Rp100 ribu/kg.

"Daging lokal Rp130 ribu, kalau daging beku (impor) Rp100 ribu," ungkap Samsudin penjual lapak daging di Pasar Mampang, Jakarta Selatan saat ditemui INILAHCOM di lokasi, Senin (11/6/2018).

Rata-rata harga daging impor asal India tersebut memang dipatok di kisaran Rp100 ribu/kg. Samsudin menyebut untuk harga daging impor telah naik. Kenaikan tersebut justru terjadi dari stok permintaan di gudang.

"Kalau yang (daging) impor ada kenaikan, ya mungkin dari gudangnya kali. Pemerintah (mematok) ya memang segitu tapi balik lagi kan ke pedagang. Sekarang kita jual Rp100 ribu/kg,"katanya.

Bahkan dia memprediksi, kenaikan harga daging kembai terjadi mendekati Lebaran. Harga daging impor dapat menembus Rp120 ribu/kg, menyamai harga daging lokal pada umumnya. [jin]

Komentar

Embed Widget

x