Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 07:23 WIB
 

Arus Mudik 2018

Rencana Garuda Rombak Sistem Check-In, Dikritik

Oleh : - | Senin, 11 Juni 2018 | 22:30 WIB
Rencana Garuda Rombak Sistem Check-In, Dikritik
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Maskapai penerbangan plat merah, PT Garuda Indonesia dikritik lantaran gegabah dalam proses perbaikan infrastruktur IT untuk sistim check in penumpang oleh Amadeus.

Tersiar kabar bahwa pihak Garuda melakukan perbaikan infrastruktur jaringan IT dan check in penumpang menjelang arus mudik Lebaran 2018. Dalam hal ini jelaslah momentumnya tidak pas.

Ketua Forum Jurnalis Jakarta, Akhmad Yuslizar mempertanyakan rencana manajemen Garuda memperbaiki sistem sistim check in penumpang saat arus mudik Lebaran 2018. Seharusnya langkah ini dilakukan sebelum arus mudik sehingga tidak menimbulkan masalah.

Untuk itu, Bang Yos, sapaan akrabnya, mendesak manajemen Garuda menunda perbaikan infrastruktur sistim check in penumpang menjelang mudik. "Aneh dan terlalu gegabah jika perbaikan benar2 dilakukan. Kami mendapatkan data perubahan sistim check ini dilakukan pada tanggal 11, 13, 15, 19, 21, 26 dan 28 juni," ungkap Bang Yos dalam rilis kepada media di Jakarta, Senin (11/6/2018).

Masih kata Bang Yos, akan sangat beresiko apabila manajemen Garuda nekat melakukan perbaikan ini. Karena memunculkan resiko-resiko yang berbahaya bagi penerbangan. "Kenapa perbaikan baru sekarang? Seharusnya sebelum arus mudik sudah disiapkan semuanya. Ini membuktikan manajemen Garuda tidak perform," tegas Bang Yos.

Perbaikan ini, lanjut Bang Yos, dikhawatirkan berimplikasi kepada terganggungnya sistem reservasi serta inventory-nya. Selain juga bisa berdampak kepada sistem penerbangan di Garuda. "Belum lagi pada history penerbangan, DCS history. Harusnya ditunda dulu-lah, " ucapnya.

Bang Yos menyarankan manajemen Garuda fokus kepada peningkatan layanan, bukan malah menambah persoalan baru yang bisa menganggu kenyamanan dan keamanan arus mudik 2018. "Tolong dipikirkan lagi. Ini harus cermat dan hati-hati. Ingat perubahan sistim pada IT sangat berdampak jika tidak dilakukan secara profesional," jelas Yos.

Terkait informasi ini, Bang Yos mengaku mendapat informasi yang qualified. Bahwa ada rencana perubahan sistim IT dan check in penumpang Garuda. [ipe]


Komentar

 
x