Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 14 Agustus 2018 | 16:22 WIB

Ramadan 1439 H

Bank BTN Muliakan Anak Yatim dan Dhuafa Rp1,5 M

Oleh : - | Senin, 11 Juni 2018 | 22:50 WIB
Bank BTN Muliakan Anak Yatim dan Dhuafa Rp1,5 M
Corporate Secretary Bank BTN Agus Susanto didampingi Kepala Cabang Bank BTN Solo Rr Anggarani menyerahkan paket sembako ke masyarakat di Kelurahan Gilingan, Solo. - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Solo - Selama Ramadan 1439 Hijriah, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, menggelontorkan dana Corporate Social Responbility (CSR) sebesar Rp1,5 miliar.

Duit segede itu dialokasikan untuk memuliakan anak yatim, perbaikan sarana ibadah serta paket sembako. Selain itu, dana CSR diarahkan untuk mendukung kegiatan sosial korporasi dalam rangka safari ramadhan terkait dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial korporasi yang dilaksanakan setiap tahun menjelang Idul Fitri," kata Corporate Secretary Bank BTN, Agus Susanto usai menyerahkan paket sembako kepada masyarakat di Desa Ngemplang, Kelurahan Gilingan, Solo, Jawa Tengahm Senin (11/6/2018).

Agus mengatakan, kehadiran Bank BTN dalam program sembako murah di Kelurahan Gilingan diharapkan bisa membantu dan meringankan beban masayarakat yang saat ini mungkin menjelang perayaan Idul Fitri 1439 H belum dapat memenuhi kebutuhannya.

"Alhamdulillah Bank BTN bisa berbagi kepada masyarakat wi wilayah ini, dimana sambutan mereka sangat antusias," kata Agus.

Menurut Agus, Bank BTN yakin dengan adanya program sembako murah tersebut akan dapat membantu masyarakat dalam menyambut lebaran Idul Fitri. "Kita memilih kelurahan ini karena melihat kondisinya masih minus, masyarakat pada umumnya berada dalam status ekonomi bawah, sehingga perlu bantuan dan uluran tangan dari BUMN, dan Bank BTN hadir disini memberikan bantuan," paparnya.

Adapun sembako murah yang dibagikan bernilai per paket seharga Rp100.000, namun warga dikenakan biaya hanya senilai Rp20.000 per paket. Dana hasil pembeliam dari warga tersebut dikumpulkan dan dikembalukan lagi ileh Bank BTN ke masjid atau tempat ibadah yang ada di sekitar wilayah Nggilingan. "Dananya kami kembalikan lagi untuk perbaikan sarana ibadah dan masyarakat disini juga yang akan memanfaatkan," jelas Agus.

Selain di Solo, perseroan juga juga melakukan program yang sama pada beberapa daerah seperti Bekasi, Makassar, Bandung, Banten dan Jakarta.

Sementara itu, Hartini, salah satu ibu rumah tangga yang menerima bantuan paket sembako, mengungkapkan terima kasih kepada Bank BTN atas bantuan sembako murah ini. Dia berharap, program tersebut bisa dilakukan tiap tahun, sehingga masyarakat kecil bisa menikmatinya. "Kalau bisa program bantuan sembako murah ini bisa dilanjutkan tahun depan juga," kata Hartini.

Hal senada disampaikan Sumarni, pemberian sembako murah sangat bermanfaat, apalagi mendekati Hari Raya Idul Fitri. "Kami berterima kasih dengan adanya paket sembako murah, dengan harga hanya Rp20.000 bisa membeli sembako seperti beras, gula, minyak goreng, teh yang dapat dinikmati oleh keluarga di rumah," papar Sumarni.

Penyelenggaraan santunan atau bantuan sosial kepada masyarakat menjelang Idul Fitri yang dilakukan Bank BTN di wilayah Solo ini mempunyai tujuan untuk ikut membantu dalam meringankan beban masyarakat menjelang Lebaran. "Bentuk bantuan yang kami berikan adalah untuk membantu pemenuhan kebutuhan pokok yang kami siapkan untuk masyarakat dengan harga di bawah pasar," kata Agus.

Kegiatan safari Ramadan BUMN dilakukan serentak yang diikuti oleh 25 BUMN termasuk Bank BTN. Sejauh ini, perseroan telah menyalurkan lebih dari 10.000 paket sembako ke wilayah Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Pontianak. Bank BTN juga memberikan santunan kepada anak yatim lebih dari 5.000 orang. Selain itu bantuan dalam bentuk pembangunan sarana ibadah dan pendidikan para santri. "Kami bangga menjadi bagian dari program ini dan BTN sangat peduli untuk memberikan dukungan semaksimal yang bisa kami lakukan," pungkas Agus. [tar]

Komentar

x