Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 03:33 WIB

Inilah Lumbung Duit PLN

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 16 Juni 2018 | 03:09 WIB

Berita Terkait

Inilah Lumbung Duit PLN
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto mengatakan, ada tiga wilayah yang memberi keuntungan dari penjualan listrik. Tiga wilayah, yakni Jakarta, Banten, dan Bali.

Haryanto menjelaskan untuk di provinsi Jakarta, selisih antara biaya pokok produksi (BPP) listrik dengan penjualan sebeser Rp140 per kWh. "Sementara di Banten sekitar Rp 110 per kWh, Bali sekitar Rp 150 per kWh," kata Haryanto di kantor PLN Disjaya Jakarta, Rabu (13/6/3018).

Haryanto juga menyebut beberapa alasan keuntungan penjualan listrik di Jakarta karena harga jual listrik bagus dan banyak kegiatan bisnis. "Bali harga jualnya tinggi karena itu daerah wisata, BPP agak tinggi sedikit tapi karena daerah wisata harga jualnya bagus," ujar dia.

Haryanto berharap, kedepannya BPP listrik bisa ditekan dengan selasainya beberapa proyek di Indonesia. Antara lian rampungnya pembangunan pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW).

Kemudian diselesaikannya proyek Pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Menurut dia ba dua proyek itu selesai, maka bisa menurunkan BPP listrik karena harga yang lebih murah. "Setidaknya, secara praktis lebih murah dari pembangkit eksisting," kata dia. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x