Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Oktober 2018 | 04:46 WIB

Saat Lebaran, Sri Mulyani Doyan Makan Jadah

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 15 Juni 2018 | 07:09 WIB

Berita Terkait

Saat Lebaran, Sri Mulyani Doyan Makan Jadah
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Perayaan Idul Fitri kerap menyisakan memori berkesan, tak terkecuali Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ternyata yang berkesan adalah menu Lebaran.

Mungkin tak ada yang menyangka apabila Sri Mulyani sangat doyan jadah, penganan khas Gombong, Jawa Tengah. "Menu wajib, Kalau datang ke Gombong adalah jadah namanya, kemudian lemper," kata Sri Mulyani beberapa waktu lalu

Selain itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, mengaku suka opor ayam plus sambal goreng ati, buatan nenek ataupun orang tuanya. "Kemudian makan opor sambel goreng. Artinya (masakan) Mbah saya itu enak banget masaknya," ujarnya.

Wajah Sri Mulyani spontan berubah ketika mengingat sang nenek yang telah meninggal dunia. Alhasil, lokasi kumpul keluarga saat Lebaran pindah ke rumah orang tuagnya di Semarang.

Sekedar informasi saja, jadah adalah penganan khas Jawa Tengah. Kalau di Jakarta, mirip-mirip dengan uli ketan. Di mana, jadah berbahan baku beras ketan putih. Dicampurkan kelapa muda, garam. Setelah dibakar, kemudian dibungkus daun lontar atau kelapa muda. Rasanya legit dan gurih.

Komentar

x