Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 22:47 WIB

Intip Menu Favorit Lebaran Menteri Ekonomi Jokowi

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 15 Juni 2018 | 14:09 WIB

Berita Terkait

Intip Menu Favorit Lebaran Menteri Ekonomi Jokowi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah menjalankan puasa sepanjang Bulan Ramadan, kini tiba untuk mencicipi hidangan spesial saat Lebaran 1439 Hijriah.

Ternyata, para menteri bidang ekonomi Kabinet Kerja Presiden Jokowi, punya makanan kesukaan yang beragam. Yang pasti enak-enaklah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, misalnya, mengaku sangat memfavoritkan penganan khas Jawa Tengah, yakni Jadah. "Menu wajib, Kalau dateng ke Gombong (Jawa Tengah) itu ada Jadah namanya kemudian lemper," kata Sri Mulyani.

Selain itu, Sri Mulyani doyan opor ayam dan sambal goreng ati. Lauk yang biasa disajikan bersama ketupat. "Kemudian makan opor sambel goreng. Artinya (masakan) Mbah saya itu enak banget masaknya," ujarnya.

Sementara, Menko Perekonomian Darmin Nasution, mengaku menu favorit saat Lebaran adalah perpaduan Sumatera dan Sulawesi. Aneh? Tidak juga karena Istri Darmin berasal dari Sulawesi sementara Darmin berasal dari Sumatera Utara. "Kan istri saya orang Sulawesi. Saya orang Sumatera. Ya dari dua itu. Sehingga lebih merasa at home," kata Darmin.

Masakan khas Mandailing, khususnya daun singkong yang ditumbuk dengan santan, merupakan salah satu menu favorit darmin. "Lalu ada ikan sale dicabe. Ada pecel. Dari daerah istri saya pasti ikan. Ikan dibakar dan dicabe. Kemudian ada lagi woku. Itu tidak pakai santan, tapi diberi bumbu sehingga tidak terasa amis ikannya," tuturnya

Beda lagi Menteri Pariwisata Arief Yahya yang mengaku kesengsem dengan opor ayam khas Banyuwangi. "Makanan khas keluarga kami masak opor ayam, tradisi itu yang kami pegang," kata Arief. [ipe]

Komentar

x