Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 19:47 WIB

Terkendala Lahan, Konstruksi Tol Manado-Bitung 56%

Sabtu, 16 Juni 2018 | 16:09 WIB

Berita Terkait

Terkendala Lahan, Konstruksi Tol Manado-Bitung 56%
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Manado - Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB), George Manurung, mengatakan, realisasi pengerjaan fisik Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) Seksi IIB, hanya mencapai 56%.

"Seksi IIB sejauh ini masih sekitar lima puluh enam persen pengerjaan fisiknya," kata George kepada wartawan di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (14/6/2018).

Pembebasan lahan, kata George, masih menjadi kendala pengerjaan fisik seksi IIB karena diperkirakan masih mencapai 65%. Karena itu, upaya yang terus dilakukan PT JMB adalah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional yang walaupun akan memasuki hari libur tetap konsisten menyelesaikan persoalan pembebasan lahan.

"Sebagian pegawai yang tidak merayakan Idul Fitri ada juga yang masih melaksanakan pekerjaan pengukuran bidang tanah, dan nanti di hari libur nasional mereka tidak bekerja," ujar George.

Pekerjaan lanjutan pengukuran bidang tanah, lanjut dia, kembali akan diteruskan usai libur nasional. "Jadi ada satuan tugas pengukuran lahan yang akan terus mempercepat proses pembebasan lahan ini. Apabila memang ditemukan kendala pada proses itu, maka uang ganti rugi akan dititipkan ke pengadilan atau dikonsinyasi," jelas George.

George menambahkan, realisasi fisik pengerjaan rigid jalan utama, terealisasi sepanjang 9 kilometer dari 11 kilometer panjang bentangan seksi IIA. "Khusus di Seksi IIB sepanjang 14 kilometer, tanah yang sudah dibebaskan segera kita bangun pengerjaan fisiknya," kata George. [tar]

Komentar

x