Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 04:23 WIB

Libur Lebaran Berpotensi Bikin Rupiah Makin Lemas

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 16 Juni 2018 | 11:12 WIB

Berita Terkait

Libur Lebaran Berpotensi Bikin Rupiah Makin Lemas
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Libur Hari Raya Idul Fitri bisa memberikan tekanan terhadap nilai tukar rupiah. Banyak warga negara Indonesia yang plesiran ke luar negeri, sehingga menaikkan kebutuhan dolar AS.

"Apalagi yang melakukan wisata terutama ke luar negeri kan 20% pengeluaran paling atas alias orang yang paling kaya," kata peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira saat berbincang dengan INILAHCOM, Jakarta, Jumat (15/6/2018).

Menurut dia, tradisi mudik itu tidak hanya ke kampung halaman. Bagi sebagian orang, khusunya yang tingkat ekonomi tinggi mereka akan pergi berlibur ke luar negeri. Nah, pada saat liburan itu, mereka pasti menggunakan dollar.

"Nah jadi tradisi mudik mereka tak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Mereka pasti akan belanja, mereka pasti akan shoping, hotel dll itu pakai dollar atau pakai valas lainnya. Yaitu permintaan rupiah di musim libur panjang kaya lebaran, nanti di natal tahun baru, cenderung akan mengalami penurunan secara musiman," ujar dia.

Kondisi ini tentu harus disikapi oleh pemerintah dengan hati-hati, dan serius. Dia meminta Kementerian pariwitasa untuk pro aktif dalam mendatangkan wisatawan asing ke dalam negeri.

"Jadi biar imbang. Tapi bila pertumbuhan wisatawan asing tidak sebanding dengan wisatawan indonesia yang ke luar negeri ya itu mengindikasikan engga balance devisa pariwisata kita," ujar dia. [ipe]

Komentar

x