Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 01:16 WIB

Indef Beberkan Jurus Ampuh Bikin Rupiah Berotot

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 16 Juni 2018 | 18:08 WIB

Berita Terkait

Indef Beberkan Jurus Ampuh Bikin Rupiah Berotot
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menaikan suku bunga acuan serta operasi moneter menggunakan cadangan devida (cadev), bukan obat mujarab untuk membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, kembali berotot.

Ada cara lain yang lebih ampuh untuk menstabilkan rupiah terhadap tekanan US$, apa itu? Caranya, pemerintah harus segera menerbitkan peraturan pengganti undang-undang (Perppu) terkait devisa hasil ekspor.

"Devisa hasil ekspor yang biasanya disimpan di Bank luar negeri misal di Singapura (kedepannya) wajib disimpan di bank dalam negeri minimum enam bulan," kata peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira kepada INILAHCOM, Jakarta, Jumat (15/6/2018).

Menurut dia, Perppu itu diperlukan lantaran Indonesia sekarang ini menganut rezim devisa bebas. Nah, dengan adanya aturan itu maka uang hasil ekspor bisa disimpan di bank dalam negeri.

Langkah itu dinilainya mendukung stabilitas rupiah dan meningkatkan perkembangan sektor perbankan di Indonesia. "Jadi itu yang engga ada, karena kita rezim devisa terlalu liberal, terlalu bebas," kata dia.

Menurut Bhima, apabila pendapatan dari hasil ekspor uangnya disimpan di luar negeri sama saja percuma. Sebab, uang dalam negeri disimpan di luar. "Jadi uangnya ya kabur lagi ke luar. Itu yang membuat permintaan rupiahnya terus melemah," ujar Bhima. [ipe]

Komentar

x