Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 05:56 WIB

Kadin Sanjung Sistem OSS Sedot Investasi Masuk

Selasa, 19 Juni 2018 | 08:09 WIB

Berita Terkait

Kadin Sanjung Sistem OSS Sedot Investasi Masuk
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, mengapresiasi sistem perizinan terpadu daring atau Online Single Submission (OSS).

Sistem di bawah kendali Kemenko Perekonomian ini, menurutnya, bakal berdampak positif bagi pertumbuhan investasi di tanah air.

Rosan menyebut, pemerintah serius menjalankan sistem OSS. Di mana, sistem OSS mengakomodasi salah satu keluhan utama invesor, terutama investor asing yang ingin membenamkan dananya di Indonesia. "Karena selama ini masih terus berbeda kebijakan yang ada di pemerintah pusat dan daerah," kata Rosan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Rosan bilang, pengusaha berharap sistem tersebut menjadi terobosan dan bisa memberikan kepastian, sehingga semua terukur. Misalnya, waktu pengurusan perizinan.

Terkait hambatan di pemerintah daerah, Rosan mengakui masih marak. Seringkali terjadi tarik-menarik kepentingan. Terkesan daerah ogah mendelegasikan wewenangnya ke pusat. Untuk itu diperlukan sosialisasi yang lebih masif. "Ini harus segera dilakukan. Kalau tidak, Indonesia dan tetap tertinggal dari negara-negara lain," kata Rosan. [tar]

Komentar

x