Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 17:07 WIB

Kapal Karam di Danau Toba. Menhub Budi Kerja Apa?

Selasa, 19 Juni 2018 | 11:13 WIB

Berita Terkait

Kapal Karam di Danau Toba. Menhub Budi Kerja Apa?
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Pada Senin (18/6/2018), Kapal Motor (KM) Sinar Bangun mengalami kecelakaan dan tenggelam di Perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Kejadian ini harus menjadi evaluasi bagi kementerian perhubungan yang dipimpin Budi Karya Sumadi.

Vokalis Komisi V DPR, Sukur Nababan sangat menyayangkan kejadian ini. "Sesungguhnya jika komponen safety transportasi dipenuhi maka potensi terjadinya kecelakaan dapat ditekan dan angka jumlah korban jiwa juga dapat diminimalisir. Mohon penjelasan dari Kementerian Perhubungan," tegas Sukur dalam rilis kepada media di Jakarta, Selasa (19/6/2018).

Kata Sukur, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi perlu melakukan penyelidikan internal di kementerian terkait pengawasan alat transportasi dan operator transportasi terkait kejadian ini. "Ini harus dijadikan bahan evaluasi. Bagaimana bisa standar aspek komponen safety tidak terpenuhi," tegasnya.

Selanjutnya, anak buah Megawati ini meminta kementerian perhubungan segera mengirimkan tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki penyebab kecelakaan ini.

Di sisi lain, Sukur menyatakan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas peristiwa ini. "Kita semua sangat terpukul dan dukacita yang mendalam atas peritiwa tenggelamnya Kapal Rakyat KM Sinar Bangun di Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada Senin (18/6) waktu setempat," papar Sukur.

"Saya atas nama pribadi sangat turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas musibah tenggelamnya KM Sinar Bangun sehingga jatuh korban jiwa," lanjut Sukur. [ipe]

Komentar

x