Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 16:05 WIB
 

Cagub Jatim Ini Bicara Prestasi Ekonomi di Mal

Oleh : - | Rabu, 20 Juni 2018 | 07:09 WIB
Cagub Jatim Ini Bicara Prestasi Ekonomi di Mal
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Surabaya - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mempromosikan program perekonomian serta prestasi di pusat perbelanjaan atau mal, saat berada di Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, Selasa (19/6/2018).

"Kami siapkan program penyediaan lapangan kerja yang dikenal dengan Peluang Kerja Dimana-mana (Pak Kardiman). Program ini sekaligus sebagai upaya pengentasan kemiskinan," kata Gus Ipul di tengah ribuan karyawan dan anak muda di TP, Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Beberapa rincian programnya, kata dia, antara lain mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) Tipe A di Lima Kawasan (dua di Pulau Madura, tiga di wilayah lainnya) dan mendirikan pusat-pusat pengembangan kewirausahaan di wilayah-wilayah yang memiliki perguruan tinggi.

Selain itu, untuk memberikan stimulan membangunkan jiwa wirausaha, kandidat yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno itu juga menyiapkan program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yakni Superstar, atau Sentra UMKM dan Pemberdayaan Start Up.

Nantinya, lanjut dia, melalui program tersebut pemerintah akan mengawal jiwa wirausaha masyarakat melalui pemberian modal, peningkatan keahlian hingga pendampingan pemasaran.

"Penciptaan lapangan kerja menjadi penting. Kami mengajak anak muda, bukan hanya mencari kerja, tapi juga menciptakan lapangan kerja," kata Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode tersebut.

Mantan Ketua Umum GP Ansor itu, juga menyebut, sejumlah torehan positif Provinsi Jawa Timur. Salah satunya penyerapan angka tenaga kerja yang selalu meningkat di tiap tahunnya.

Hingga Agustus 2017, misalnya, jumlah angkatan kerja meningkat 20,94 juta orang (4,93%), serapan angkatan kerja meningkat 5,15% (20,10 juta orang), angka pengangguran terbuka (TPT) turun menjadi 4%, dan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) naik menjadi 68,78%.

"Tren penurunan inilah yang akan kami lanjutkan, sekaligus memberikan berbagai perubahan yang menyempurnakannya sehingga penyediaan lapangan kerja bisa semakin dimaksimalkan," kata Gus Ipul yang masih keponakan mantan Presiden Gus Dur itu.

Di tempat sama juga dilakukan silaturahim dan halal bihalal bersama karyawan TP, Direktur Marketing Pakuwon Group selaku pengelola TP Sutandi Purnomosidi, serta dialog dengan komunitas muda yang bergerak di bidang digital, dan dihadiri penyanyi Charly Van Houten. [tar]

Komentar

x