Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 17:05 WIB

KM Sinar Bangun Karam di Toba, Menhub Akui Lalai

Oleh : M Fadil Djaelani | Rabu, 20 Juni 2018 | 15:30 WIB

Berita Terkait

KM Sinar Bangun Karam di Toba, Menhub Akui Lalai
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui lalai berkoordinasi dengan otoritas pemerintah daerah, terkait pengawasan transportasi. Terkait tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba, Sumatera Utara, Senin ((18/6/2018).

"Ini akan menjadi satu pelajaran bagi pemerintah untuk melakukan koordinasi lebih baik dengan pemerintah daerah," kata Budi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/6/2018).

Budi menekankan, koordinasi dengan pemerintah daerah sangat penting, meskipun urusan angkutan kapal ferry, atau penyeberangan menjadi wewenang masing-masing pemerintah daerah. "Karena memang ada satu upaya untuk menyeragamkan keselamatan yang ada di sana," kata Budi.

Sedangkan untuk tindak lanjut dari tenggelamnya KM Sinar Bangun itu, Budi mengaku, sudah mengirimkan tim ke lokasi. Dia mengaku telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada Rabu tadi, terkait peningkatan keselamatan bagi para penumpang di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Jakarta.

Mengingatkan saja, KM Sinar Bangun karam di perairan Danau Toba pada Senin (18/6/2018) sekitar pukul 17.15 WIB, setelah diserang badai. Kapal ini berlayar dari Pelabuhan Simanindo menuju Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Samosir.

Menurut otoritas setempat, kapal penumpang itu kelebihan kapasitas. Bahkan, kepolisian setempat menyatakan kapal kayu itu berlayar tanpa manifes dan standar keselamatan yang rendah. [ipe]

Komentar

x