Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 02:20 WIB
 

Arus Balik 2018

Bandara Berbenah, Jumlah Pemudik Udara Naik 11%

Oleh : - | Kamis, 21 Juni 2018 | 02:29 WIB
Bandara Berbenah, Jumlah Pemudik Udara Naik 11%
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Solo - Jumlah pemudik melalui transportasi udara sepanjang Lebaran 2018 meningkat 11% ketimbang tahun lalu. Seiring peningkatan fasilitas di Bandara.

"Pada tahun ini kami mengantar perjalanan para pemudik sejumlah 5.900.000 penumpang. Angka ini tumbuh signifikan dari tahun sebelumnya sekitar 5,4 juta penumpang," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso saat berkunjung di Bandara Adi Soemarmo, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (20/6/2018).

Ia memprediksi, puncak arus balik terjadi pada Rabu ini, di mana pada Kamis (21/6/2018) sudah mulai hari kerja aktif. "Oleh karena itu, saya langsung melakukan pantauan di beberapa titik, salah satunya Bandara Adi Soemarmo karena arus mudik Lebaran paling banyak destinasi di Joglosemar dan Surabaya," kata Agus.

Sebelum kunjungannya di Bandara Adi Soemarmo, ia juga melakukan pantauan langsung di terminal penumpang Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. "Dari sana arus balik lancar. Hari ini di Bandara Adi Soemarmo juga penuh tetapi relatif lancar, `space` memenuhi. Fasilitas yang disediakan cukup representatif, dan pengamanan bagus," kata Agus.

Ia mengatakan, untuk jumlah airport yang melayani arus mudik di seluruh Indonesia pada tahun ini ada sebanyak 36, baik yang dioperasikan Angkasa Pura maupun yang dioperasikan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan, puncak arus mudik terjadi pada H-2 Lebaran dengan dilayani 38 pesawat dan jumlah penumpang sebanyak 7.511 penumpang, sejauh ini puncak arus balik terjadi pada H+3 dilayani 39 pesawat dengan jumlah 7.610 penumpang.

Sementara itu, data dari posko penumpang menunjukkan untuk hari ini hingga pukul 15.00 WIB jumlah penumpang datang sebanyak 1.845 penumpang, sedangkan penumpang berangkat sebanyak 3.613 penumpang.

"Prediksi kami puncak arus balik terjadi hari ini hingga besok pagi, selanjutnya untuk arus balik gelombang dua kemungkinan terjadi pada hari Minggu (24/6)," kata Agus. [tar]

Komentar

x