Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 17:29 WIB

Drainase Babaran Yogya Digarap Pekan Depan

Oleh : - | Kamis, 21 Juni 2018 | 14:09 WIB
Drainase Babaran Yogya Digarap Pekan Depan
(Foto: Antara)

INILAHCOM, Yogyakarta - Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta, bakal menggarap revitalisasi drainase di Jalan Babaran pada awal pekan depan.

"Pekerjaan akan dimulai pada Senin (25/6). Dalam proses pembangunan drainase ini akan dilakukan penutupan jalan," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUKP) Kota Yogyakarta Aki Lukman di Yogyakarta, Rabu (20/6/2018).

Pelaksanaan pekerjaan fisik proyek revitalisasi drainase Babaran baru dilakukan usai Lebaran meskipun lelang untuk pekerjaan tersebut sudah selesai beberapa bulan lalu.

Namun, DPUPKP Kota Yogyakarta mengambil kebijakan untuk melaksanakan pekerjaan fisik usai Lebaran agar pekerjaan tersebut tidak terhenti di tengah jalan dan justru menimbulkan gangguan yang lebih besar ke masyarakat. "Apalagi, selama pekerjaan fisik berlangsung harus dilakukan penutupan jalan," kata Aki.

Setelah lelang selesai, pemenang lelang kemudian melakukan berbagai persiapan di antaranya memesan "box culvert" yang akan digunakan sebagai dinding drainase. "Sudah ada lebih dari 400 `box culvert' yang siap digunakan untuk merevitalisasi drainase," kata Aki.

Penggunaan box culvert sebagai dinding drainase dipilih agar pekerjaan bisa diselesaikan lebih cepat. Ukuran drainase di Jalan Babaran juga akan diperbesar dari semula 1,2 meter x 1 meter menjadi 2 meter x 2 meter.

Pekerjaan fisik drainase di Jalan Babaran akan diawali dari simpang tiga Janturan sepanjang sekitar 720 meter ke arah barat menuju Sungai Manunggal. "Penutupan akan dilakukan per penggal jalan sehingga tidak seluruh ruas jalan akan ditutup dalam waktu yang sama," kata Aki.

Salah satu kendala yang perlu diantisipasi saat pekerjaan revitalisasi drainase dalah adanya saluran limbah di sepanjang Jalan Babaran. Dana yang dialokasikan untuk pekerjaan revitalisasai drainase Babaran mencapai sekitar Rp13,9 miliar. Pekerjaan tersebut ditargetkan selesai paling lambat November. [tar]

Komentar

x