Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 11:13 WIB

Kalau Merasa JORR Mahal, Silahkan Lewat Arteri

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 22 Juni 2018 | 02:09 WIB

Berita Terkait

Kalau Merasa JORR Mahal, Silahkan Lewat Arteri
Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sebanyak 61% pengguna jalan tol lingkar luar Jakarta atau JORR (Jakarta Outer Ring Road) akan membayar lebih murah dengan sistem integrasi, penyeragaman tarif tol jarak jauh atau dekat.

Semeentara 38% pengguna lainnya harus membayar transaksi lebih mahal, dan 1% pengguna lainnya membayar dengan harga tetap. "Pasti ada yang harus bayar lebih mahal, tapi 61% lebih murah. Dan integrrasi ini sudah sangat ditunggu pengguna logistik, truk golongan 3, 4, dan 5," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (21/6/2018).

Menurut dia, kebijakan ini tentunya akan mengintungkan banyak pihak. Terutma bagi truk-truk pengangkut logistik. Namun, pihaknya tak memusingkan bagi penghuna jalan yang merasa membayar terlalu mahal. Pihaknya menyarankan agar tidak memakai jalan tol, melainkan jalan biasa. "Akan kami tuntun gunakan jalan-jalan arteri yang ada. Jadi kalau merasa lebih mahal, mereka bisa memilih jalan arteri," ujar Arie.

Kebijakan ini tentunya membuat pengguna jalan tol jarak pendek menurun. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengamini hal ini. Namun, dia tidak merinci berapa penurunan itu.

"Pengalaman di Tol Jakarta-Tangerang berkurang 17%, di Tol Jagorawi 9%. Akibat kebijakan ini pengguna tol jarak pendek tidak menggunakan lagi," kata dia.

Adapun integrasi ini ialah kebijakan menyeragamkan tarif tol jarak jauh dan dekat. Kendaraan golongan 1 berupa sedan, jip, pikap/truk kecil, dan bus dikenai tarif Rp 15 ribu.

Untuk golongan II dan III tarifnya Rp 22.500, golongan IV dan V tarifnya Rp30 ribu. Tarif sebelumnya untuk golongan I sebesar Rp9.500, golongan II Rp11.500, golongan III Rp 15.500, golongan IV, Rp19.000, dan golongan V Rp23.000.

Tarif baru ini berlaku di ruas-ruas Tol JORR, seperti Penjaringan-Kebon Jeruk, Kebon Jeruk-Ulujami, Ulujami-Pondok Pinang, dan Pondok Pinang-Taman Mini.

Selain itu, Tol Taman Mini-Cikunir, Cikunir-Cakung, Cakung-Rorotan, jalan tol menuju Tanjung Priok, Rorotan-Kebon Bawang, dan Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami. [ipe]


Komentar

x