Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 02:19 WIB
 

Libur Lebaran, Konsumsi BBM Naik 25-30%

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 22 Juni 2018 | 14:55 WIB
Libur Lebaran, Konsumsi BBM Naik 25-30%
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Plt Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan konsumsi bahan bakar minya (BBM) secara keseluruhan naik 25-30% selama libur lebaran bila dibandingkan dengan dengan hari biasa.

"Saat ini peningkatan (konsumsi BBM) sekitar 20-25% dibanding konsumsi normal," kata Nicke saat halal bi halal di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Namun dia belum bisa merincikan berapa total dari pemakaian BBM selama lebaran. Pihaknya sampai saat ini masih menunggu arus balik selesai. "Nanti nunggu sampai arus balik ya. Kan sampai H+15 baru masa Satgas selesai, dari situ kita akan hitung semuanya," kata dia.

Nicke dalam kesempatan ini pun mengungkapkan bila kebutuhan BBM masih bisa teratasi. Sehingga tidak perlu khawatir adanya kelangkaan BBM.

"Artinya, demand masyarakat itu masih lebih kecil dibanding yang kami sediakan. Jadi, stoknya itu masih cukup, kami bisa metain stok di atas 21 hari-22hari. Untuk elpiji jg demikian. Jadi kami merasa apa yang kami persiapkan dan rencanakan berjalan dengan baik," ujar dia.

Sebelumnya Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan, selama liburan lebaran, konsumsi Pertamax pada H+5 tercatat hampir 19 juta liter atau meningkat hingga 19 persen dari rata-rata harian. Kenaikan ini juga lebih tinggi dibanding masa Satgas tahun lalu yang mencatat kenaikan sebesar 12 persen.

"Semua jenis BBM kita sediakan, akan tetapi Pertamax lebih banyak diminati pemudik, baik selama arus mudik maupun arus balik. Hal ini menunjukkan loyalitas pengguna Pertamax cukup tinggi, apalagi untuk perjalanan jauh, membutuhkan performa kendaraan yang prima, sehingga harus didorong oleh BBM berkualitas dan ramah lingkungan," ujar Adiatma.

Berdasarkan laporan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2018, lanjut Adiatma Pertamax merupakan satu-satunya BBM yang konsisten mengalami kenaikan sejak arus mudik. Bahkan, Pertamax tercatat naik hingga 2 persen pada hari H, di saat seluruh jenis BBM mengalami penurunan atau minus.

Permintaan terhadap Pertamax meningkat bertahap sejak arus mudik mulai dari 10 persen, 17 persen, 25 persen serta pada puncak arus mudik meningkat hingga 49 persen.

Meskipun masa cuti bersama telah usai, lanjut Adiatma, Satgas RAFI akan terus bekerja hingga H+15, untuk melayani arus balik yang kemungkinan terjadi pada akhir pekan dan pekan depan, bersamaan dengan berakhirnya masa liburan sekolah.

Pertamina terus menyiagakan BBM di 3.692 SPBU yang berada di jalur mudik di Pulau Jawa hingga Madura, baik jalur tol maupun arteri. Pertamina juga menyiagakan 117 Kantong BBM untuk stok BBM bagi SPBU yang berada di jalur padat pemudik. [hid]

Komentar

x