Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 15:14 WIB

Pertamina Segera Luncurkan LPG 3Kg Nonsubsidi

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 22 Juni 2018 | 15:05 WIB

Berita Terkait

Pertamina Segera Luncurkan LPG 3Kg Nonsubsidi
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Plt Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina, Nicke Widyawati mengungkapkan awal bulan Juli 2018 akan mengeluarkan LPG 3 Kg nonsubsidi.

Menurut dia, ini adalah alternatif bagi masyarakat mampu supaya tidak menggunakan LPG 3 Kg bersubdisi. Ke depan masyarakat mampu diharapkan menggunakan LPG ini, bukan yang subsidi.

"Kan gini, sebetulnya ada orang yang memerlukan 3 Kg tapi mereka tidak perlu subsidi, mungkin seperti yang di apartemen. Dia ngapain beli yang besar. Karena demand ada maka kami siapkan," kata Nicke saat acara halal bihalal di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Namun dia belum bisa menyebut berapa harga jual untuk LPG 3 Kg nonsubsidi. Sebab, saat ini masih dirumuskan. Hanya saja, lanjut dia, perizinannya sudah rampung.

Mengenai penyalurannya, ia yakin tidak akan mengganggu LPG 3Kg yang subsidi. Sebab, untuk LPG yang disubsidi bertuliskan "khusus untuk masyarakat miskin".

"Yang pasti tidak ada tulisan 'khusus masyarakat miskin'. Itu (yang tidak subsidi) tidak ada tulisan itu," katanya.

Adapun PT Pertamina (Persero) telah uji coba penjualan Elpiji 3 kg nonsubsidi di Tangerang, Kalimantan Selatan dan Jawa Timur. Pertamina tengah berkoordinasi dengan Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas dan Pemerintah Daerah untuk segera memasarkannya.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengatakan, ada produk baru ini untuk menjaga penyaluran Elpiji 3 kg bersubsidi tepat sasaran.

"Karena memang selama ini banyak kalangan mampu yang menggunakan gas melon ini, bukan soal harganya tapi lebih ke praktisnya, maka-nya akan ada gas 3 kg ini namun tidak subsidi," katanya.

Mengenai harganya, Harry mengaku akan memliki selisih jika dibandingkan elpiji 3 kg yang subsidi. Jika harga elpiji 3 kg bersubsidi dijual di kisaran harga Rp20 ribuan, maka elpiji 3 kg non subsidi ini dijual dengan harga Rp39 ribu per kg.

Hanya saja harga yang diuji coba tersebut belum tentu sama dengan harga distribusi resmi ke depan. Hal itu masih tergantug keputusan Pertamina. Gas elpiji 3 kg nonsubsidi ini nantinya dijual dengan merek Bright Gas dengan tabung memiliki warna pink. "Jadi ibu-ibu pasti nanti suka, lebih bagus," kata dia. [hid]

Komentar

x