Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Juli 2018 | 00:44 WIB

Prabowo Kritik LRT, Bang Yos: Hanya Bikin Gaduh

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 23 Juni 2018 | 06:19 WIB
Prabowo Kritik LRT, Bang Yos: Hanya Bikin Gaduh
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pernyataan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto terkait mahalnya proyek LRT di Palembang, dinilai hanya bikin gaduh.

Ketua Forum Jurnalis Jakarta, Ahmad Yuslizar, mengatakan, tudingan Prabowo jelas tidak ada dasarnya. Harusnya, Prabowo bicara dengan data. "Jangan sampai pernyataan itu membuat gaduh bangsa ini. Apalagi dia adalah sosok tokoh di Indonesia," kata Bang Yos dalam keterangan persnya, Jumat (22/6/2018).

Bang Yos, sapaan akrabnya, melanjutkan, Prabowo harus menjelaskan, dugaan mark up di proyek LRT itu dibangun tahun berapa? "Jangan-jangan LRT yang dibangun di Eropa itu sudah 10 sd 15 tahun lalu, jadi pastinya lebih murah," tegasnya.

Mencermati pernyataan Prabowo, Bang Yos mempunyai penilaian sendiri. Di mana, pernyataan tersebut lebih kental aroma politis ketimbang kemaslahatan bangsa Indonesia. "Saya meyakini ini hanya serangan yang memang sudah direncanakan. Lihat saja serangan-serangan mulai dari mudik, arus balik, semuanya tidak berbasis data," tegasnya.

Sementara dari data yang didapat. Pekerjaan yang sama (struktur, track, power supply, telecomunikasi dan persinyalan) pada LRT Jabodebek, Jakpro dan Sumsel (slide kedua point A). Catatan utk LRT Jabodebek belum ditambahkan biaya penggantian persinyalan moving block.

Biaya pekerjaan yang sama per kilometer, masing-masing, proyek LRT Jabodebek sebesar Rp264 miliar; LRT Jakpro sebesar Rp331 miliar; LRT Sumsel sebesar Rp296 miliar.

Sekedar mengingatkan, Prabowo menyebut biaya pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang terlalu mahal. Di mana, proyek LRT Palembang sepanjang 24 kilometer berbiaya Rp12 triliun, disebutnya sangat boros. "Itu terlalu banyak penggelembungannya," kata Prabowo. [ipe]

Komentar

x