Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 September 2018 | 05:16 WIB

Tahun Politik, DPR Puji Jokowi Pangkas PPh Final

Sabtu, 23 Juni 2018 | 13:09 WIB

Berita Terkait

Tahun Politik, DPR Puji Jokowi Pangkas PPh Final
Anggota Komisi XI DPR, M Misbakhun - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta -Anggota Komisi XI DPR, M Misbakhun bilang, penurunan pajak penghasilan (PPh) final untuk UMKM bukti keberpihakan Jokowi terhadap pengusaha kecil.

"Kebijakan pemerintah memberikan insentif PPh final 0,5 persen kepada UMKM, menunjukkan posisi keberpihakan Presiden Jokowi secara jelas kepada rakyat kecil melalui keringanan tarif pajak," kata Misbakhun di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Misbakhun yang turut hadir dalam Peluncuran PPh Final UMKM 0,5 Persen oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/6/2018).

Kata mantan politisi PKS yang lompat ke Golkar ini, Jokowi sungguh-sungguh memerhatikan sektor UMKM. Di mana, kebijakan pemberian insentif PPh final kepada pelaku UMKM diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23/2018 yang merupakan revisi dari PP Nomor 46/2013 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

Penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23/2018, menurut dia, menjadi awal dan tonggak bagi keberpihakan Pemerintah terhadap pelaku UMKM, karena para pelaku UMKM tidak hanya memperoleh kemudahan perpajakan, juga kemudahan perizinan, akses perbankan, akses pasar termasuk pasar ekspor.

Alumni STAN ini meyakini bahwa penurunan tarif pajak dari 1% menjadi 0,5%, membuat arus kas usaha UMKM lebih terjaga, dan dapat mengembangkan usaha lebih optimal.

"Saya juga berharap pelaku UMKM makin proaktif menjadi wajib pajak dan makin memiliki tanggung jawab dalam menjalankan kewajiban perpajakan," kata Misbakhun.

Menurut politisi asal Pasuruan, Jawa Timur ini, pelaku UMKM yang menjadi wajib pajak memiliki banyak keuntungan dan kemudahan, sebaliknya akan merugi jika terus menghindari pajak.[tar]

Komentar

x