Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 11:11 WIB

Darmin Harap Pilkada sudah Mampu Gerakkan Ekonomi

Rabu, 27 Juni 2018 | 07:01 WIB

Berita Terkait

Darmin Harap Pilkada sudah Mampu Gerakkan Ekonomi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini 171 pemilihan kepala daerah (pilkada) yang diselenggarakan secara serentak, akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi triwulan II-2018.

"Masa kampanye pilkada yang berlangsung empat bulan lebih akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi," kata Darmin ketika ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa malam (26/6/2018).

Namun, mantan gubernur Bank Indonesia tersebut belum bisa menerka seberapa besar pengaruh masa kampanye dan pelaksanaan pilkada pada pertumbuhan ekonomi.

"Kami belum tahu kalau pilkada itu seberapa besar (pengaruhnya). Tentu ditentukan banyak kabupaten dan juga provinsinya," kata dia.

Selain itu, Darmin juga menilai bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2018 dipengaruhi oleh panen yang bergerak dari Maret ketika tahun lalu menjadi April dan Mei untuk tahun ini.

"Panen itu tahun lalu Maret, tahun ini April dan Mei. Walaupun biasanya tidak besar, tapi pasti ada pengaruhnya," ujar dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada triwulan II-2018 bisa mendekati 5,2 persen atau lebih baik dari triwulan I-2018 yang tercatat sebesar 5,06 persen.

Sri Mulyani menjelaskan konsumsi rumah tangga, investasi, belanja pemerintah maupun ekspor masih dominan menjadi pendukung kinerja perekonomian pada triwulan II 2018.

Konsumsi rumah tangga, kata dia, akan terbantu oleh peningkatan aktivitas belanja masyarakat yang meningkat pada periode puasa dan peayaan Idul Fitri. [tar]

Komentar

x