Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Juli 2018 | 11:06 WIB
 

Inilah Penggerak Ekonomi Nasional Tahun Ini

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 27 Juni 2018 | 11:01 WIB
Inilah Penggerak Ekonomi Nasional Tahun Ini
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Beberapa peristiwa penting di tahun ini memiliki pengaruh untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Ekonomi masyarakat dapat bergerak dengan mengandalkan putaran pilkada dan panen raya.

Untuk gelaran Pilkada serentak tahun 2018 ini diyakini, dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Demikian disampikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

"Ya..iya lah (pilkada ikut mendorong pertumbuhan ekonomi)," kata Darmin di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/2018) malam.

Sebab, kata dia, banyak kegiatan yang mendorong tingkat konsumsi rumah tangga. Hal tersebut merupakan porsi terbesar dalam struktur komponen pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Orang kan kampanye selama berapa (waktu) ini (dan banyak keluarin uang)," kata Darmin.

Namun begitu, dia belum dapat memprediksi berapa besar akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, kata dia, pihaknya belum memiliki standar untuk melakukan perhitungan.

"Kami belum tahu kalau pilkada seberapa besar, ditentuian oleh berbagai macam juga ya. Tapi yang kami tahu itung-itungannya adalah nasional. Kalau masih pilkada. Tapi masih ada oengaruhnya," ujar dia.

Selain pilkada serentak, lanjut dia, panen raya juga mempengaruhi pwrtumbuhan ekonomi. Meskipun nilainya tidak besar. "Karena panen bergerak. Walaupun biasanya engga gede-gede banget. Pasti ada pengaruhnya. Bisa 0,1% bisa 0,2%," kata dia. [hid]

Komentar

x