Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 02:36 WIB

Laptop Cina Banjiri Pasaran, Ini Kata Airlangga

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 28 Juni 2018 | 17:58 WIB

Berita Terkait

Laptop Cina Banjiri Pasaran, Ini Kata Airlangga
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Nilai impor Indonesia Mei 2018 mengalami kenaikan 9,17% atau menjadi US$ 17,64 miliar. Meningkatnya nilai impor didominasi barang dalam golongan elektronik seperti laptop asal Cina.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hatarto mengatakan bila pemerintah tidak dapat berbuat banyak. Sebab bea masuk laptop dan handphone 0%.

"Ya nanti kamj lihat. Tentunya kan itu bea masuknya 0%, jadi seperti handphone dan yang lain, kalau handphone kan bisa tersaring karena ada inovation center dan lain," kata Airlangga di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta Pusat, Kamis (28/6/2018).

Menurut dia, dengan bea masuk laptop 0%, artinya kata Airlangga memang tidak ada perlindungan dari sisi tarif. "Memang antara domestik dan barang impor kan perlindungan tarif sudah tidak ada lagi. Karena di ICT kan semua tarifnya 0%, jadi tidak ada kaitannya dan kalau kita bicara ngepus lokal konten kan banyak yg komplen juga," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, sampai saat ini tidak ada yang dirugikan atas banyaknya impor laptop ini. Untuk itu hambatan impot tidak dapat dilakukan. Hanya saja, tegas dia, pemerintah akan menerapkan barang-barang yang diimpor, tak terkecuali laptop harus sesuai SNI.[ipe]

Komentar

x