Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 02:35 WIB

Airlangga Janji Perketat Masuknya Baja Buatan Cina

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 28 Juni 2018 | 18:39 WIB

Berita Terkait

Airlangga Janji Perketat Masuknya Baja Buatan Cina
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hatarto mengatakan, Indonesia dapat merauk keuntungan dari perang dagang Amerika Serikat, dan Cina.

Sebab, Indonesia bisa mengekspor kuota baja lebih banyak lagi ke AS. Namun, keuntungan tersebut, kata dia, hanya jangka pendek terkait kebijakan Presiden Donal Trump yang menaikan bea masuk baja dan aluminium dari negeri Tirai Bambu itu. Sebab, kebutuhan baja di AS tidak terlalu besar.

"Sekarang seperti di baja ada kami sebut ada war game antara AS dan Cina. Jangka pendek Indonesia diuntungkan karena kita bisa ekspor (baja)," kata Airlangga di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta Pusat, Kamis (28/6/2018).

Meski diuntungkan, Indonesia juga dirugikan atas perang dagang AS-Cina. Kerugian yang dirasakan oleh Indonesia adalah banyaknya baja dari Cina yang masuk ke dalam negeri. Sebab, Indonesia akan jadi negara tujuan Cina mengekspor hasil bajanya. "Kita bisa dirugikan karena barang cina bisa membanjiri kita," ujar dia.

Namun, kata dia, pemerintah tidak akan ambil diam. Dia mengklaim, pemerintah akan memperketat lagi produk baja dari Cina. Sebab, baja dari Cina kualitasnya kurang baik.

"Nah satu satunya yang bisa kita lakukan adalah memperketat standar nasional industri, SNI yang kalau ada kerugian kita retaliasi dalam bentuk bea masuk anti dumping," kata dia.

Komentar

x