Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Juli 2018 | 00:39 WIB

Biayai Infrastruktur, Menteri Rini Jagokan BII

Oleh : - | Jumat, 29 Juni 2018 | 04:09 WIB
Biayai Infrastruktur, Menteri Rini Jagokan BII
Menteri BUMN Rini Soemarno - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan PT Bandha Investasi Indonesia (BII), pengelola BUMN Fund, menyedot dana hingga US$3 miliar, atau Rp42 triliun.

"Kami harapkan dalam tiga tahun ke depan, minimal bisa tarik 2-3 miliar dolar AS, bukan hanya dari BUMN tapi juga dana internasional," kata Rini usai memberikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis Ke-10 Program Pendidikan Vokasi UI di Depok, Jawa Barat, Kamis (28/6/2018).

Rini mengatakan, Bandha Investasi Indonesia, yang merupakan perusahaan patungan dari delapan BUMN sektor jasa keuangan itu, dibentuk untuk menjembatani kebutuhan pendanaan proyek infrastruktur nasional dengan para investor potensial, baik dari BUMN maupun swasta.

Melihat potensinya yang besar, Rini menilai, perlu ada perusahaan pengelolaan investasi yang profesional, transparan, dan berstandar internasional.

Terlebih, lanjutnya, kebutuhan investasi infrastruktur Indonesia mencapai Rp5 ribu triliun, sehingga membutuhkan alternatif pendanaan.

"Tujuannya, supaya bisa investasi ke infrastruktur dan banyak proyek. Bukan hanya BUMN, tapi juga swasta, kami harap bisa mengundang investor domestik dan internasional untuk ikut perusahaan itu dan ikut investasi," kata Rini.

Bandha Investasi Indonesia merupakan perusahaan patungan delapan BUMN bidang jasa keuangan, yakni PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), PT Danareksa (Persero), PT Asuransi Jasa Raharja (Persero), PT Askrindo (Persero), PT Asuransi Jasindo (Persero), PT Asabri (Persero), Perum Jamkrindo, dan PT Taspen (Persero).

Skema BUMN Fund diharapkan menjadi solusi bagi pendanaan infrastruktur yang lebih terorganisasi, sekaligus mengoptimalkan pengelolaan dana milik BUMN baik dengan berinvestasi pada proyek maupun portofolio. [tar]

Komentar

x