Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 13 November 2018 | 12:59 WIB

Istana Jamin Pasokan Pangan Meski Lahan Menyempit

Jumat, 29 Juni 2018 | 09:09 WIB

Berita Terkait

Istana Jamin Pasokan Pangan Meski Lahan Menyempit
Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko mengakui masalah yang dihadapi petani di Indonesia saat ini adalah sempitnya lahan yang dikelola.

Namun, Moeldoko yang kini berkantor diIstana Presiden itu menjamin, pemerintah tetap menjamin ketersediaan dan pemerataan bahan pangan pokok untuk masyarakat.

"Rata-rata nasional lahan petani kita 0,2 sampai 0,3 hektare. Lahan yang kecil itu juga rusak karena penggunaan pestisida dan pupuk anorganik yang berlebihan," kata Moeldoko di Kompleks Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Menurut dia, salah satu opsi untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan nasional jika produksi dalam negeri tidak mampu mencapai targetnya adalah melakukan impor. Namun demikian, keran impor tentunya juga harus dilakukan berdasar data yang akurat.

"Kebutuhan impor itu masih dibutuhkan Indonesia, kita harus realistis ya. Kita harus paham bahwa kebutuhan nasional itu 2,4 juta ton dalam satu bulan, berarti kalau tidak bisa memenuhi itu kita harus impor. Kalau tidak impor, ada persoalan besar yang dihadapi bangsa ini. Karena, persoalan perut adalah persoalan sangat sensitif yang tidak bisa ditunda," ujarnya.

Di samping itu, Moeldoko memahami keinginan Menteri Pertanian untuk menciptakan swasembada pangan. Namun, hal itu tentunya bukan sesuatu yang mudah untuk dicapai. Sebab, masih ada sejumlah hal yang bisa menghambat tercapainya target seperti dari cuaca, hama dan faktor lainnya. "Tidak seperti yang kita gambarkan bahwa pertanian begitu tanam langsung panen, tidak. Banyak sekali hambatannya," tandasnya. [ipe]

Komentar

x