Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 15:57 WIB
 

Kemenhub Segera Benahi 5 Dermaga di Danau Toba

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 1 Juli 2018 | 14:40 WIB
Kemenhub Segera Benahi 5 Dermaga di Danau Toba
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Danau Toba - Kementerian Perhubungan akan merevitalisasi 5 (lima) dermaga di sekitar Danau Toba. Tujuannya untuk meningkatkan layanan publik setelah kecelakaan kapal Sinar Bangun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam kunjungannya ke Pelabuhan Tigaras, Sabtu (30/6/2018).

"Rencananya akan ada 5 dermaga yang diperbaiki lagi, progresnya saat ini sudah sampai pada pengiriman material," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam kunjungannya ke Pelabuhan Tigaras, Sabtu (30/6/2018).

Adapun lima pelabuhan yang akan dibangun dermaga adalah Pelabuhan Tigaras, Muara, Ambarita, Simanindo dan Ajibata. Ia juga menjelaskan rencana revitalisasi dermaga ini sebenarnya sudah sejak tahun 2017.

"Pembangunan 5 dermaga ini sebenarnya sudah direncanakan dari tahun 2017. Jadi bukan hanya karena ada kejadian KM Sinar Bangun ini," jelasnya seperti mengutip dari laman resmi Kemenhub.

Budi Setiyadi juga memaparkan bahwa dermaga yang akan dibangun nanti sudah mempunyai zona tiket dan lainnya. Sehingga masyarakat tidak bebas keluar masuk dermaga.

"Dermaga yang akan kita bangun nanti yang sudah mempunyai zona, jadi tidak bebas seperti sekarang ini. Dermaga sekarang ini harus clear dan untuk hal ini perlu edukasi ke masyarakat," ucap Budi sambil memantau ke dalam KMP Sumut I.

Lebih lanjut, dia menjelaskan nantinya kapal kayu 17 GT hanya boleh mengangkut 45 penumpang. Terkait sepeda motor seharusnya tidak diperbolehkan hanya saja ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat, hal tersebut yang akan diubah sedikit demi sedikit oleh Kementerian Perhubungan.

"Nanti kapal kayu yang 17 GT boleh mengangkut 45 orang kalau lebihnya akan ditentukan. Untuk sepeda motor secara aturan memang tidak boleh tapi di sini kan dari dulu sudah begitu tapi kami akan ubah sedikit demi sedikit," kata dia.

Terkait tarif tiket, nantinya akan ada penyesuaian apabila dermaga sudah dibangun. Sehingga masyarakat tetap terlayani dan harga juga terjangkau.

"Tiket untuk kapal saat ini berkisar antara 7000-8000 rupiah. Nantinya akan tinjau kembali harga tiket bisa lebih dari itu tapi dengan keputusan gubernur. Sehingga masyarakat tetap terlayani dan terjangkau juga," tutur Budi.

Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat akan memberikan bantuan 5.000 life jacket dan life bouy. Tujuannya agar masyarakat semakin sadar akan keselamatan dalam penyebrangan dan terbiasa menggunakan atribut keselamatan.

Komentar

Embed Widget

x