Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 01:55 WIB

Jonan Temui Bos Freeport, Ini Respons Sri Mulyani

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 3 Juli 2018 | 09:00 WIB

Berita Terkait

Jonan Temui Bos Freeport, Ini Respons Sri Mulyani
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Menteri Energi, dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan bertemu CEO Freeport McMoran, Richard Adkerson di Amerika Serikat (AS).

Usai pertemuan, Jonan mengklaim, semua kesepakatan dengan Freeport telah selesai. Mulai soal kepastian usaha dan management control. Akuisisi juga sudah sepakat tinggal legal documentation dan Inalum.

Dikonfirmasi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tak mau banyak bicara. Sebaiknya seluruh pihak menunggu semuanya selesai.
"Nanti kalau sudah ada kami akan sampaikan," kata Sri di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/7/2018).

Sri Mulyani menjanjikan, ke depan, pemerintah akan membeberkannya dengan lebih detil kepada publik. Khususnya mengenai divestasi saham freeport sebesar 51% oleh pemerintah Indonesia.
"Kami akan terus melakukan sedetil mungkin (disvestasi) supaya kami bisa menyelesaikan," kata Ani, sapaan akrab Sri Mulyani.

Jonan sebelumnya klaim proses divestasi saham Freeport sebesar 51% bisa rampung bulan Juni 2018. Semula, pemerintah berencana divestasi dilakukan dua tahap yakni dengan mengakuisisi saham Rio Tinto yang ada di tambang Grasberg, Papua, terlebih dulu. Belakangan, skema ini berubah menjadi satu tahap.

Namun, terkait berapa nilai valuasi yang akhirnya disepakati kedua belah pihak, baik Freeport maupun kementerian belum mau merinci. Demikian juga terkait mekanisme pengelolaan tambang setelah pemerintah menjadi pemegang saham mayoritas belum dapt dirincikan. Jonan menegaskan Freeport dan pemerintah akan membuat Joint Venture yang sehat dan menyusun target bersama hingga 2041. [ipe]

Komentar

x