Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 13 November 2018 | 12:55 WIB

Kebijakan Cukai Pacu Rasio Penerimaan Terhadap PDB

Selasa, 3 Juli 2018 | 19:54 WIB

Berita Terkait

Kebijakan Cukai Pacu Rasio Penerimaan Terhadap PDB
(Foto: BeaCukai)

INILAHCOM, Jakarta - Saat ini cukai merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang cukup tinggi hanya dengan tiga objek barang kena cukai. Penerimaan cukai pada 2017 mencapai Rp153,4 triliun dari Rp192 triliun pendapatan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai atau sekitar 11,4% dari total penerimaan negara.

Hal tersebut mendorong inisiatif pemerintah untuk dapat meningkatkan pendapatan negara dari sektor cukai, dengan menambahkan objek-objek yang dapat dikenakan. Hal itu terungkap dalam ajang Sindo Weekly Forum bertema Peningkatan Rasio Penerimaan Negara Terhadap PDB Melalui Kebijakan Cukai, di Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Pada acara ini hadir Nugroho Wahyu selaku plt DirekturTeknis dan Fasilitas Cukai, Ditjen Bea Cukai, pengamat ekonomi Aviliani, serta Anggota Komisi XI DPR RI Amir Uskara.

Nugroho menyampaikan, saat ini Indonesia sangat mungkin untuk terus melakukan ekstensifikasi cukai ke berbagai objek yang memenuhi karakteristik barang kena cukai. Melirik negara tetangga yang berhasil menerapkan cukai kepada beberapa objek seperti Thailand dengan 21 objek cukai dan Laos 9 objek cukai, Indonesia masih memiliki peluang yang tinggi untuk menambahkan objek-objek kena cukai lainnya.

"Tujuan utama dari cukai itu bukan penerimaan, tapi pengendalian barang-barang kena cukai di masyarakat, sedangkan penerimaan hanyalah efek dari cukai tersebut," ungkap Nugroho.

Sementara Aviliani menambahkan, pengenaan cukai juga memiliki titik temu dengan beberapa konsumsi bahan pokok, idapan penyakit, serta kelestarian lingkungan. Beliau menambahkan bahwa tiga idapan penyakit terbanyak di Indonesia seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung, berhubungan erat dengan konsumsi gula dan beras yang sangat tinggi di Indonesia, demikian juga penggunaan kendaraan bermotor yang erat kaitannya dengan kelestarian lingkungan. Pemerintah dapat mengambil pertimbangan dalam pengenaan mengingat dampak yang dapat ditimbulkan tersebut.

Dalam proses ekstensifikasi dan perkembangan aturan terkait cukai ini, Anggota Komisi XI DPR RI, Amir Uskara menyatakan bahwa selama tidak meresahkan masyarakat, pasti akan didukung. "Sehingga diharapkan ke depan, aturan-aturan terkait cukai dapat dengan mudah untuk ditetapkan," tambah Amir. [*]

Komentar

x