Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 07:50 WIB

Majukan UMKM desa, Kemendes Gandeng Start-Up

Selasa, 3 Juli 2018 | 20:49 WIB

Berita Terkait

Majukan UMKM desa, Kemendes Gandeng Start-Up
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jember - Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT membangun desa dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Direktur Jenderal PDT, Samsul Widodo mengatakan, sejak Januari 2018, Kemendes PDTT menggandeng pelaku bisnis online dan pengusaha start-up untuk memasarkan potensi, dan produk dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari berbagai desa di Indonesia.

"Misalnya untuk mempromosikan potensi wisata di desa, Ditjen PDT bekerjasama dengan Caventer Indonesia. Untuk mempromosikan berbagai potensi desa dari hasil pertanian, peternakan hingga kerajinan kami mengandeng blanja.com, regopantes.com hingga karapan.com dan masih banyak lainnya," kata Samsul did epan 3.200 mahasiswa Universitas Jember di Gedung Soetardjo, Jember, Seni (2/72018).

Pelibatan pelaku usaha online dalam pengembangan desa sudah mulai tampak. "Di Gunung Kidul Provinsi DIY, ada desa yang sudah menggunakan e-ticketing untuk mengelola destinasi wisatanya," kata Samsul.

Penggunaan e-ticketing, kata dia, bisa mencegah kebocoran pendapatan, serta menghidarkan konflik antar masyarakat desa, karena pendapatan dikelola secara transparan melalui e-ticketing.

Saat ini, Ditjen PDT mencoba memasarkan beras merah organik Bondowoso, melalui regopantes.com. "Petani sebagai produsen dipertemukan langsung dengan konsumen sehingga memperoleh harga yang fair. Sementara di Situbondo yang punya potensi ternak sapi, kami hubungkan dengan karapan.com yang memasarkan daging sapi," kata Samsul. [beritajatim]

Komentar

x