Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 11:11 WIB

Proyek KA Cepat Jkt-Bdg Ancam Hutan Karawang

Rabu, 4 Juli 2018 | 08:09 WIB

Berita Terkait

Proyek KA Cepat Jkt-Bdg Ancam Hutan Karawang
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Karawang - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meminta proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tidak merusak resapan air. Khususnya keberadaan hutan di Karawang.

"Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung itu melintasi daerah kawasan hutan di Karawang," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Eka Sanatha di Karawang, Jawa Barat, Selasa (3/7/2018).

Eka mengatakan, kawasan hutan di wilayah Karawang yang akan dilintasi jalur kereta api cepat tersebut merupakan daerah resapan air. Karena itu, pihaknya menyampaikan agar PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memperhatikan daya resapan air.

Menurut dia, pengendalian ruang sepanjang trase dan pengembangan stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung harus memperhatikan resapan air untuk melindungi warga Karawang dari bencana banjir.

Sementara itu, untuk update terbaru pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung, itu ada penjadwalan kembali pembangunan dari rencana 2019 menjadi 2021. "Informasinya menjadi 2021 dari sebelumnya 2019. Mengenai alasannya, belum diketahui," kata Eka.

Sedangkan mengenai pembebasan lahan kereta cepat Jakarta-Bandung, itu masih terus berlangsung, dilakukan PT KCIC. "Sejauh ini tidak ada masalah dalam proses pembebasan lahan itu," kata Eka. [tar]

Komentar

x