Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 11:31 WIB

Pemprov Jabar Gandeng LKPP Cegah Korupsi Pengadaan

Jumat, 6 Juli 2018 | 03:09 WIB

Berita Terkait

Pemprov Jabar Gandeng LKPP Cegah Korupsi Pengadaan
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Bandung - Guna mencegah korupsi pengadaan barang dan jasa, Pemprov Jawa Barat dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) meeneken MoU e-Katalog, atau Online Shop Barang dan Jasa daerah.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, bersama Kepala LKPP Agus Prabowo menandatangani langsung MoU tersebut dalam acara Sosialisasi Katalog Daerah di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Kamis (5/7/2018).

Menurut Iwan Bule, e-Katalog merupakan terobosan dalam sistem pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh pemerintah. Terlebih hal ini bisa mencegah adanya tindakan penyimpangan seperti tindak pidana korupsi.

"Pengadaan barang dan jasa sekarang itu harus jelas, dan barang-barang yang dipasarkan juga harus unggulan. Terobosan ini (e-Katalog) penting dan harus diikuti oleh seluruhnya (perangkat daerah Jabar)," ujar Iwan Bule.

Melalui e-Katalog ini, kata dia, Jawa Barat bisa mempromosikan barang dan jasa yang dihasilkan ke daerah lain. "Dengan harapan semua produk-produk yang ada di kita (Jawa Barat) akan masuk dalam katalog yang ada, sehingga akan terkoneksi, seperti produk unggulan Jawa Barat bisa masuk ke katalog yang ada, kemudian bisa diambil (dibeli) provinsi lain. Demikian berputar terus, jadi seperti simbiosis mutualisme, " papar Iwan Bule.

Kepala LKPP, Agus Prabowo mengungkapkan, e-Katalog tak ubahnya Online Shop. Dalam e-Katalog akan tertera jelas barang, merek, spesifikasi, hingga harga produk yang dipasarkan. "Tapi isinya barang-barang yang dibutuhkan oleh pemerintah, baik pusat, daerah, atau sektor lainnya," tutur Agus.

Dengan adanya MoU ini, nantinya LKPP akan ikut memasarkan produk barang dan jasa dari Jawa Barat. Kerjasama ini juga sebelumnya sudah dilakukan oleh LKPP bersama delapan pemda lain di Indonesia. "Jadi, melalui e-Katalog ini produk-produk Jawa Barat dipasarkan oleh LKPP supaya dibeli oleh pembeli dari seluruh Indonesia, maupun oleh Pemda Jawa Barat sendiri," kata Agus. [ipe]


Komentar

x