Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 02:32 WIB
 

Investasi Hulu Migas Jauh Panggang dari Api

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 7 Juli 2018 | 00:29 WIB
Investasi Hulu Migas Jauh Panggang dari Api
Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (Migas) Amien Sunaryadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Capaian investasi hulu minyak dan gas bumi (migas) sampai Juni 2018 mencapai US$3,9 miliar. Atau hanya 27% dari target APBN 2018 sebesar US$ 14,2 miliar.

"Investasi migas, sekarang ini realisasinya US$ 3,9 miliar," kata Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (Migas) Amien Sunaryadi di kantornya, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Atas capaian ini, Amien memprediksi target investasi sektur hulu, bakal meleset dari target APBN 2018. Prediksi Amien, investasi sampai akhir tahun hanya 78% dari target. "Outlooknya 78 persen atau US$ 11,1 miliar," kata Amien.

Ia merincikan, belum terealisasinya target investasi itu karena beberapa hal. Salah satunya adalah belum terealisasinya proyek, padahal kata dia, semua proses sudah disetujui.

"Misalnya si Merakes, sudah diputuskan POD nya. Disetujui juga. Nah berarti cadangan tambah. Tapi investasi belum tambah karena belum ada realisasi pelaksanaan proyek," kata Amien.

Amien mengatakan, salah satu kendala yang menyebabkan terlembatnya realisasi investasi itu adalah proses tender dilakukan pada semester I ini. Dan realisasi pelaksanaan proyek baru dilakukan smester II tahun 2018.

"Pelaksanaan pengadaan realisasi itu baru di semester dua. Akan tercatat sebagai realisasi investasi di semester dua. Sekarang lebih bahas pod," kata dia. [ipe]

Komentar

x