Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 15:15 WIB

Cadangan Migas Semester I-2018 Lampaui Target

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 7 Juli 2018 | 10:11 WIB

Berita Terkait

Cadangan Migas Semester I-2018 Lampaui Target
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - SKK Migas mencatat, rasio penggantian cadangan atau reserve replacement ratio (RRR), mencapai 580 juta setara barel.

Menurut Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi, angka itu mencapai target. Atau 148% dari target APBN 2018. "Per 30 Juni 2018 posisnya bagus. 148 persen, berasal dari 26 POD," kata Amien pada saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Meski demikian, capaian itu akan menyusut di semester II atau pada akhir tahun. Sehingga eksplorasi, lanjut Amien, harus ditingkatkan signifikan. "Kegiatan eksplorasi merupakan titik krusial untuk menjamin pasokan energi dan stabilitas ekonomi Indonesia," ujar Amien.

Amien menambahkan, capaian ini akan terus ditingkatkan. Supaya di semester II tidak turun. Caranya mendorong kegiatan eksplorasi. Diantaranya adalah menggalakan realisasi survei seismik dua dimensi (2D) dan tiga dimensi. Pasalnya, saat ini baru berjalan masing-masing sepanjang 237km dan 1.541 Km persegi dari target 4.666 Km dan 5.382 Km persegi.

Dia mengatakan, kedepan kegiatan ekplorasi akan lebih masif. Karena pendanaanya akan lebih banyak yang berasal dari bonus tanda tangan kontrak baru wilayah kerja (WK) yang habis kontrak.

Diperkirakan dana dari kegiatan tersebut terkumpul USD 642,523 juta yang bisa dipakai untuk studi, seismic, lalu pengeboran eksplorasi di dalam WK maupun di luar.

"Uang sebanyak itu berasal dari persetujuan 9 kontrak baru WK yang berakhir lima tahun ke depan, 2019-2026. Kemudian, kira-kira 10 tahun mendatang, mulai Februari 2019 kita punya komitmen eksplorasi dan punya komitmen di wilayah terbuka," kata dia.

Amien menambahkan, pada 2019 dana untuk kegiatan yang sama akan didapatkan sekitar US$1 miliar dari WK yang habis kontrak. "Diharapkan peranjangan kontrak yang lainnya akan selesai Juli, maka awal tahun depan bisa mendapatkan komitmen kerja pasti lebih dari US$1 miliar," paparnya.

Kalau dana ini bisa direalisasikan untuk eksplorasi akan memberikan dampak yang signifikan. "Sebagian harapannya akan dapat discovery yang ukuran besar. Giant discovery ini yang kita cari, dan kalau itu berhasil maka nilai investasi migas akan lebih besar yang tahun ini kurang menggebirakan yakni US$3,9 miliar dari kesepakatan US$14,2miliar," ujarnya. [ipe]

Komentar

x