Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 16:16 WIB
 

Gunung Agung Boleh Batuk, BBM dan LPG Aman

Oleh : - | Senin, 9 Juli 2018 | 17:28 WIB
Gunung Agung Boleh Batuk, BBM dan LPG Aman
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Denpasar - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V, memastikan erupsi Gunung Agung tak mengganggu distribusi BBM dan LPG di Bali.

Penyaluran BBM untuk wilayah Pulau Dewata pascaerupsi, sejauh ini normal-normal saja."Pertamina telah mengantisipasi keadaan tak diinginkan, seperti bencana alam," kata Communication & Relations Pertamina MOR V, Rifky Rakhman Yusuf di Denpasar, Senin (9/7/2018).

Rata-rata penyaluran premium di Bali, mencapai 716 kilo liter (kl) per hari. Untuk Pertalite sebanyak 1.138 kl per hari, pertamax 711 kl per hari, pertamax turbo enam kl per hari, solar 548 kl per hari, dexlite 43 kl per hari, dan pertamina dex lima kl per hari.

Penyaluran untuk LPG bersubsidi atau gas tiga kilogram (kg) mencapai 630 metrik ton (MT) per hari, bright gas family 40 MT per hari, dan bahan bakar pesawat atau avtur 2.400 kl per hari.

Rifky mengatakan, BBM dan LPG untuk Bali, disuplai dari dua terminal BBM, yaitu Sanggaran (Denpasar), dan Manggis (Karangasem).

Sedangkan untuk bahan bakar pesawat terbang, avtur disuplai dari Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai. Penyaluran BBM di Bali, dilayani melalui Lembaga penyalur Pertamina yang didukung 191 SPBU.

"Produk gas didukung 14 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE), 74 Agen PSO, 22 Agen Non PSO dan 2564 Pangkalan LPG," kata Rifky.

Terkait bencana alam, Pertamina telah menyiapkan pola suplai reguler, alternatif, dan emergency. Sumbernya tidak hanya dari terminal yang ada di Bali, tapi juga terminal cadangan, seperti dari Surabaya Group, Situbondo, Cilacap, dan Balikpapan.

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali kembali erupsi dua kali, yakni pada Minggu (8/7/2018), sekitar pukul 10.00 dan 15.59 WITA.

Sedangkan area terdampak erupsi gunung suci umat Hindu Bali itu, masih sempit. Status Gunung Agung sampai hari ini masih siaga atau level tiga. Jumlah pengungsi hingga hari ini mencapai 4.415 orang yang tersebar di 54 titik. [tar]

Komentar

x