Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 06:01 WIB

Jokowi Wanti-wanti Anak Buah Soal Serapan Anggaran

Senin, 9 Juli 2018 | 18:00 WIB

Berita Terkait

Jokowi Wanti-wanti Anak Buah Soal Serapan Anggaran
Presiden Joko Widodo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bogor - Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh pembantunya agar tidak menumpuk belanja menjelang tutup tahun. Semuanya harus tertata dan terencana dengan baik.

"Saya ingatkan, perbaiki pola penyerapan anggaran. Jangan sampai menumpuk di akhir tahun. Tetap jaga kualitas outputnya," kata Jokowi saat Rapat Terbatas APBN 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (9/7/2018).

Jokowi meminta seluruh program yang sudah direncanakan, serta proyek strategis segera dieksekusi dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip good governance.

Proyek yang telah direncanakan haruslah tepat waktu dan sasaran agar bisa bermanfaat bagi masyarakat. "Transfer dana ke daerah dan dana desa harus segera dicairkan dan meminimalisir adanya pengendapan anggaran pemerintah di perbankan," kata Jokowi.

Selanjutnya, mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini, memuji percepatan program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat serta belanja Kementerian/Lembaga (KL) yang tumbuh 12,1% DI semester I-2018. Lebih tinggi ketimbang realisasi semester I-2017 sebesar 0,4%. "Saya meminta momentum pencapaian semester I APBN 2018 ini terus dijaga dan ditingkatkan pada semester II," harapnya.

Jokowi mengingatkan, tantangan ekonomi di masa depan, tidaklah ringan. Malah semakin kompleks dengan ketidakpastian perekonomian global, serta perang dagang yang digaungkan pemerintah Amerika Serikat (AS).

dirinya juga mengingatkan seluruh kementerian dan lembaga negara untuk melakukan efisiensi belanja barang, seperti penghematan perjalanan dinas, rapat dan paket meeting, belanja ATK serta belanja-belanja yang tidak produktif lainnya. [tar]

Komentar

x