Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 01:50 WIB

Mahalnya Biaya Jaga Listrik Jelang Asian Games

Rabu, 11 Juli 2018 | 02:09 WIB

Berita Terkait

Mahalnya Biaya Jaga Listrik Jelang Asian Games
Petugas melakukan pengecekan aliran listrik saat usai digelarnya apel siaga pasukan piket Asian Games 2018 - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Meski Asian Games 2018 masih bulan depan, PT PLN sudah mengeluarakan duit Rp280 miliar. Untuk operasional mendukung acara tersebut.

Kepala Divisi Operasional Regional Jawa Bagian Barat Bima Putra mengatakan, biaya operasional itu dikeluarkan untuk kehandalan pasokan listrik.

"Biaya yang kami keluarkan perlu kami sampaikan walaupun ini tidak langsung, dan ada yg langsung biaya operasional sudah mencapai Rp 280miliar untuk mendukung kegiatan Asian Games," kata Bima, di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Bima mengungkapkan, biaya operasi tersebut untuk mendanai seperti kegiatan pengamanan, pemeliharan infrastruktur kelistrikan dan transportasi di wilayah Jawa Bagian Barat. "Biaya operasionalnya orang, mobil, pengamanan, kendaraan, untuk pemeliharaan itu kira-kira yang sudah diserap," paparnya.

Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk memperkuat pasokan listrik saat Asian Games 2018, PLN mengeluarkan sebesar Rp5,7 triliun. Dana itu mencakup pembangunan dan peremajaan infrastruktur kelistrikan di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Sumatera Selatan. "Total investasi Sumatera, DKI, Jawa Barat Rp 5,7 triliun ada yang dedicated ada yang suport Asian Games," kata Bima.

Bima menyebutkan, pembangunan infrastruktur dan peremaja infrastruktur kelistrikan tersebut diantaranya, penggantian kabel dan travo untuk penyulang baru, pembangunan sistem transmisi dan distribusi. "Untuk meningkatkan kehandalan pasokan listrik, seperti ganti kabel, travo untuk penyulang baru, pembangunan transmisi distribusi," ucapnya.

Sedangkan untuk di wilayah Jakarta dan Banten, PLN telah menyiapkan 31 Gardu Induk, dan 48 trafo yang akan memasok langsung ke venue Asian Games di wilayah Jakarta dan Banten,melalui 12 Interbus transformer 500 dan 150Kv 500 MVA serta 100 ruas transmisi 150kv. [ipe]

Komentar

x