Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 September 2018 | 07:02 WIB

Asian Games, PLN Buat Pengamanan Lima Lapis

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 11 Juli 2018 | 06:09 WIB

Berita Terkait

Asian Games, PLN Buat Pengamanan Lima Lapis
Petugas melakukan pengecekan aliran listrik saat usai digelarnya apel siaga pasukan piket Asian Games 2018 - (Foto: inilahcom/Eusebio CT)

INILAHCOM, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero/PLN) menyatakan siap mengamankan listrik guna kelancaran Asian Games 2018.

Bahkan, perusahaan pelat merah itu akan membuat pengamanan 5 lapis daya tambahan di beberapa tempat yang dibutuhkan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM),dapur dan penjualan tiket.

"Sudah backup lima lapis sampai ke titik venue dimana acara itu berlangsung pembukaan dan penutupan ceromony di GBK," kata Kepala Divisi Operasi Regional JBB, Bima Putrajaya, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Dia menegaskan, pengamanan 5 lapis itu penyelenggara acara tak perlu mengkhawatirkan pasokan listrik. Sebab, apabila ada salah satu gardu mengalami gangguan bisa diminimalisir. Terlebih dengan penambahan penggunaan genset dan uninterruptible power supply (UPS).

"Kalau gardu satu hilang, gardu satunya masuk, terus ditambahkan genset, juga punya UPS yang kita pasang untuk VVIP 2x2500 untuk VIP timur dan 2x500 untuk VIP barat yang digunakan oleh tamu - tamu eksekutif dan tamu kepresidenan," kata dia.

Dia menambahkan, khusus untuk GBK terdapat kenaikan konsumsi listrik dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Meski demikian tidak ada dampak konsumsi yang siginifikan secara nasional.

"Di GBK itu dua kali lipat dari yang normalnya. Kami siapkan genset aja untuk backup itu sekitar 10 Megawati (MW), untuk GBK daya yang terpasang itu 11 ribu Mega Volt Ampere (MVA) daya kontrak. Tapi backupnya sudah disiapkan sekitar 10 MW," ujar dia. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x