Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 12:52 WIB

KESDM Yakin Investasi Migas Naik di Akhir Tahun

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 11 Juli 2018 | 20:05 WIB

Berita Terkait

KESDM Yakin Investasi Migas Naik di Akhir Tahun
Dirjen Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Meskipun investasi subsektor hulu minyak dan gas bumi (migas) sampai Juni 2018 masih meleset dari target APBN, namun Kementerian ESDM percaya diri investasi akan naik di akhir tahun.

"Biasanya investasi itu akan terjadi maksimal pada akhir tahun," kata Dirjen Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto di kantor Kementerian ESDM, Rabu (11/7/2018).

Mengenai catatan SKK Migas yang menyebutkan investasi Migas baru mencapai US$3,9 miliar atau 27% dari target APBN 2018 senilai US$14,2 miliar, Djoko sesumbar pada akhir tahun akan menggeliat.

"Biasanya investasi itu akan terjadi maksimal pada akhir tahun. Ini kan baru laporan semester I, ini kurva S. Pada 6 bulan pertama dia masih kecil, nanti puncak investasi pada akhir tahun. Pasti nanti meningkat," kata dia yakin.

Djoko mengatakan masih lesunya investasi Migas karena di semester I masih pada tahap proses tender. Dan realisasi pelaksanaan proyek baru di semester II tahun 2018. "Jadi enam bulan itu maish proses itu. Jadi investasi baru sedikit. Jadi tengah-tengah masih rendah, jadi tingginya di atas akhir bulan," ujar dia mengklaim.

Saat dikonfirmasi bila target investasi di akhir tahun tidak tercapai, dia tidak terlalu memusingkan. Sebab semua rencana pasti ada yang meleset. "Kalau semua seusai target hebat dong. Namanya juga rencana ada yang tercapai, ada yang enggak. Yang penting ada positif progresnya, naik terus," kata dia.

Berdasarkan catatan SKK Migas, capaian investasi subsektor hulu minyak dan gas bumi (migas) di semester I baru mencapai US$3,9 miliar atau 27% dari target APBN 2018 yang senilai US$14,2 miliar.

Menurut Kepala SKK Migas Amien Subaryadi memprediksi target investasi bakal meleset dari target APBN 2018. Menurut Amien, investasi sampai akhir tahun hanya mencapai 78 persen. "Outlooknya 78 persen atau US$11,1 miliar," kata Amien beberapa waktu lalu. [hid]

Komentar

x