Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 16:22 WIB
 

Pantauan Hotspot Nihil, Manggala Agni Tetap Siaga

Oleh : - | Kamis, 12 Juli 2018 | 13:45 WIB
Pantauan Hotspot Nihil, Manggala Agni Tetap Siaga
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Tiga hari terakhir, tidak terpantau titik panas (hotspot) berdasarkan pantauan satelit NOAA dan juga satelit TERRA AQUA dengan confidence level di atas 80%. Kondisi ini tentu tidak membuat Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Manggala Agni lengah.

Manggala Agni terus siaga di lapangan melakukan pencegahan dalam rangka mengantisipasi terjadinya Karhutla terutama di wilayah-wilayah rawan.Sebagai bentuk upaya pencegahan, Manggala Agni secara rutin melakukan pemantauan cuaca dan juga pemantauan hotspot.

Selain itu juga Manggala Agni melakukan patroli pencegahan baik patroli mandiri yang beranggotakan personil Manggala Agni, ataupun patroli terpadu yang terdiri dari personil Manggala Agni, TNI, Polri, dan Masyarakat Peduli Api (MPA). Patroli dilakukan dengan tetap melakukan pemantauan terhadap desa-desa rawan, serta sosialisasi pencegahan Karhutla kepada masyarakat.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B Panjaitan menyampaikan bahwa meskipun pantauan hotspot nol atau nihil, bukan berarti kondisi di lapangan benar-benar aman dari ancaman Karhutla. Manggala Agni tetap siaga melakukan berbagai upaya pencegahan di lapangan. "Baik ada terpantau hotspot ataupun tidak, Manggala Agni dan semua pihak di lapangan harus tetap siaga dan waspada," imbau Raffles, kemarin.

Di Kalimantan Barat, Manggala Agni Daops Ketapang siaga melakukan pemadaman di Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang (10/07/2018).Kebakaran permukaan yang terjadi pada lahan masyarakat seluas sekitar 0,5 ha dipadamkan secara bersama-sama oleh orang anggota Manggala Agni Daops Ketapang Pondok Kerja Kendawangan, anggota Polsek Kendawangan, aggota TNI Koramil Kendawangan, dan juga masyarakat.

Pada awalnya, tim patroli terpadu yang sedang melakukan patroli menerima laporan dari Polsek Kendawangan dimana telah terjadi kebakaran di Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan. Tim patroli terpadu segera bergerak ke lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman dini. Namun kebakaran terus meluas sehingga Manggala Agni dari Pondok Kerja Kendawangan pun turun untuk melakukan pemadaman secara mekanis hingga api berhasil dipadamkan.

Pemadaman juga dilakukan oleh Manggala Agni Daops Rengat di Desa Air Hitam Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan, Riau (09/07/2018). Kebakaran terjadi di kawasan Taman Nasional Tesso Nillo seluas 6 ha yang merupakan tanah gambut. Tim patroli terpadu Desa Lubuk Kembang, Daops Rengat, anggota Polsek Ukui, tim dari Balai Taman Nasional Tesso Nilo, dan juga dibantu oleh tim pemadam dari perusahaan pemegang ijin konsesi. Berkat kerjasama tim, api berhasil dipadamkan.

Pantauan Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Hari Rabu (11/07/2018) pukul 20.00 WIB, berdasarkan satelit NOAA dan juga satelit TERRA AQUA tidak terpantau adanya hotspot. [*]

Komentar

x