Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 00:08 WIB

Listrik Gratis PLN untuk 2.600 KK di Serang

Oleh : M Fadil Djailani | Sabtu, 14 Juli 2018 | 10:11 WIB

Berita Terkait

Listrik Gratis PLN untuk 2.600 KK di Serang
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Serang - PT PLN bersinergi dengan BUMN melakukan penyambungan listrik gratis untuk 2.600 Kepala Keluarga (KK). Dari Serang hingga daerah lain di Provinsi Banten.

Acara bertajuk Sinergi BUMN ini dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Bashir, dan Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Menteri Rini mengatakan, acara ini untuk memastikan warga di daerah tersebut bisa menikmati listrik untuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi penerangan maupun penggunaan alat-alat elektronik di rumahnya.

"Jadi ini kan salah satu program kita mendapatkan pengarahan dari bapak Presiden melihat bahwa kita sudah tambah kekuatan listrik ini apa namanya dengan penambahan power plant di mana-mana dan tambah pembangkit tambah jaringan listrik tapi kita menyadari ternyata bahwa ada tiang tapi masih banyak rumah yang tidak tersambung," kata Rini saat ditemui di Desa Panenjoan, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Jumat (13/7/2018).

Menurut dia saat ini banyak sekali dari masyarakat Indonesia yang saat ini belum benar-benar menikmati aliran listrik, sehingga diharapkan program ini dapat membantu masyarakat kecil yang kesulitan untuk menyambung listrik.

"Kita harus melihat bagaimana ya masyarakat ini bisa betul-betul menikmati adanya listrik jadi karena itu kami bersama PLN bersinergi bersama-sama untuk Bagaimana bisa membantu masyarakat mendapatkan listrik karena permasalahannya bukan karena mereka tidak bisa membayar bulanan nya tapi sambungan listriknya memang cukup mahal ya kan pada dasarnya hampir satu juta," ujar Rini.

Kunjungan ke Serang juga sebagai langkah menteri BUMN dan Dirut PLN untuk memastikan keseluruhan pelaksanaan program penyambungan listrik melalui Sinergi BUMN kepada 40.000 masyarakat atau rumah tangga tidak mampu di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Untuk tahap pertama, bantuan dari BUMN untuk sambungan listrik ini menyasar 40 ribu kepala keluarga yang berada di Jabar dan Banten. Yakni, sebanyak 8.000 KK berada di Kabupaten Cianjur, 9.400 KK di Kabupaten Garut, 3.000 KK di Kabupaten Pangandaran, 7.000 KK di Kabupaten Sukabumi, 10.000 KK di Kabupaten Tasikmalaya, dan 2.600 KK di Kabupaten Serang, Banten.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basyir mengungkapkan, masyarakat kurang mampu yang mendapat bantuan program sambung listrik gratis ini akan mendapatkan sambungan listrik PLN daya 450 Volt Ampere (VA) dengan tarif bersubsidi dan sistem layanan prabayar.

"Kami terus bekerja keras bagi pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat terutama rumah tangga tidak mampu yang mengalami kesulitan secara finansial untuk bisa mengakses listrik langsung ke PLN," kata Sofyan. [ipe]

Komentar

x