Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 02:36 WIB

Liquid Rokok Elektronik tak Bercukai Bakal Disita

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 18 Juli 2018 | 18:45 WIB

Berita Terkait

Liquid Rokok Elektronik tak Bercukai Bakal Disita
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan tidak langsung menyita liquid belum dilabeli cukai, setelah pemberian izin memberikan izin Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC).

Direktur Jenderal Bea Cukai Kemenkeu, Heru Pambudi mengatakan, pihaknya memberikan waktu tiga sampai 1 Oktober 2018 pada para produsen liquid. Setalah tanggal itu pihaknya akan langsung menyita liquid yang tidak bercukai.

"Vape ini adalah bagian dari objek cukai. Jadi ketentuannya ikut dengan yang objek cukai yang lain, sama. Jadi rokok tanpa pita cukai ya kita enforce, kami akan tangkap. Nah ini juga sama, kalau vape ini nanti setelah batas waktu transisinya sudah selesai masih belum ada pita cukainya, kita akan sita," kata Heru saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Timur, Rabu (18/7/2018).

Heru mengatakan, pemberlakukan tarif cukai luquid sebesar 57% ini diberlakukan sejak 1 Juli 2018 lalu. Pihak Bea Cukai akan melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap perdagangan rokok elektronik tersebut. Apabila ditemukan kecurangan, Bea Cukai akan memberikan teguran tertulis, penarikan dan penyitaan bahkan penutupan pabrik.

"Kami akan sita barangnya, musnahkan barangnya. Kita kenakan sanksi, bahkan ditutup. Kalau dia ilegal ditutup. Semua yang kita terapkan di rokok kita terapkan juga di Vape. Sidak, operasi pasar, sanksi, denda, semuanya," jelas dia.

Heru memastikan, dalam satu bulan kedepan pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi baik kepada masyarakat maupun pelaku usaha, agar tidak ada lagi terdapat vape yang tidak dikenakan cukai. "Pokoknya semua ketentuan yang terkait dengan cukai kita akan terapkan, tapi setelah masa transisi. Ini kan perlu sosialisasi," kata dia. [ipe]


Komentar

x